UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE JIGSAW PADA MATERI SUHU DI KELAS VII-6 SMP NEGERI 1 TEBING TINGGI

Authors

  • Saria Sinaga Guru SMP Negeri 1 Tebing Tinggi

DOI:

https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v6i2.5919

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Meningkatkan Hasil Belajar siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) Pada Pokok Bahasan Gaya di kelas VII-6 SMP Negeri 1 Tebing Tinggi. Dari hasil test awal (Pre-test) diperoleh skor rata-rata untuk kelompok eksperimen adalah 2,03 dengan standart deviasi 1,59 dab skor rata-rata kelompok kontrol adalah 2,16 dengan standar deviasi 1,69. Hasil uji hipotesis kelompok eksperimen adalah 5,17 dengan standar deviasi 1,599 dan skor rata-rata kelompok kontrol adalah 4,37 dengan standar deviasi 1,35. Dari hasil uji normalitas dan homogenitas diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh t-hitung = 2,170<tabel = 1,679 pada tarif signifikan. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model pembelajaran, Kooperatif tipe Jigsaw.

Author Biography

Saria Sinaga, Guru SMP Negeri 1 Tebing Tinggi

SMP Negeri 1 Tebing Tinggi

Downloads

Published

2017-04-01