PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPS DI KELAS V SD
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan desain PTK dan menggunakan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan persentase dan analisis kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Berdasarkan hasil penelitian dari 25 orang siswa pada saat tes awal tingkat ketuntasan klasikal siswa kelas V sebanyak 5 orang siswa (20%) sedangkan sebanyak 20 orang siswa (80%) belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata klasikal 46,42. Pada siklus I sebanyak 10 orang siswa (40%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 15 orang siswa (60%) belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata klasikal 60,01. Pada siklus II sebanyak 21 orang siswa (84%) mendapat nilai tuntas, sedangkan sebanyak 4 orang siswa (16%) belum mendapat nilai tuntas, dengan nilai rata-rata klasikal 86,01.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Make A Match, IPS
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v6i1.5999
Article Metrics
Abstract view : 420 timesPDF - 249 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.