MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 1 STABAT
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah Untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Stabat tahun pelajaran 2015/2016 dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Stabat setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau evaluasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis komparatif dan kritis. Teknik analisis komparatif digunakan untuk membandingkan hasil antar siklus, sedangkan teknik analisis kitis digunakan untuk mengungkapkan kekurangan dan kelebihan kinerja guru dan siswa selama proses pembelajaran di dalam kelas.
Kata Kunci: Kooperatif, Tipe STAD, Bahasa Indoenesia
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v6i1.6009
Article Metrics
Abstract view : 395 timesPDF - 8 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.