PENGARUH LEMBAR KERJA MAHASISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA FMIPA UNIMED

Glory Indira D. Purba, Edy Surya, Martua Manullang, Asmin Asmin

Abstract


ABSTRAK


Salah satu kegiatan awal dalam meningkatkan pembelajaran adalah merancang perangkat pembelajaran yang mengacu pada suatu model agar memudahkan belajar. Perancangan pembelajaran dapat dijadikan titik awal upaya perbaikan kualitas pembelajaran. Ini berarti bahwa perbaikan kualitas pembelajaran haruslah diawali dari perbaikan kualitas desain pembelajaran, dan merancang pembelajaran dengan pendekatan sistem. Hendaknya dalam pembuatannya dipadupadankan dengan metode dan juga model yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik agar pembelajaran lebih bermakna (meaning full). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan pada mahasiswa program studi pendidikan dengan tujuan: (1)mengetahui perbedaan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis mahasiswa yang diajar dengan menggunakan LKM dalam model discovery learning dan metode ceramah; (2) menelaah proses jawaban mahasisa yang diajar dengan menggunakan LKM dalam model discovery learningdan metode ceramah; (3) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa LKM berbasis discovery learning yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis mahasiswa matematika.

Kata kunci: Discovery Learning, Metode Ceramah, LKM


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i3.9254

Article Metrics

Abstract view : 382 times
PDF - 352 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.