PENGEMBANGAN MODEL DESIGN DIDACTIC RESEARCH (DDR) UNTUK MENGATASI HAMBATAN BELAJAR (LEARNING OBSTACLE) MATEMATIKA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Andri Kristianto Sitanggang
Asrin Lubis
Tetty Suyanty Elisa

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah model Didactic Design Research untuk mengatasi hambatan belajar matematika mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Mengenai validitas produk, hasil data validasi dari ahli materi diperoleh persentase 82,15% yang termasuk dalam kategori layak dan revisi serta hasil data validasi ahli model diperoleh persentase 83,42% dengan kategori layak. Rancangan didaktis yang dikembangkan untuk mengatasi hambatan belajar matematika mahasiswa didasarkan pada hubungan dosen, mahasiswa, dan materi digambarkan menjadi sebuah Segitiga Didaktis. Segitiga Didaktis ini kemudian dimodifikasi karena hanya menggambarkan hubungan pedagogis (HP) antar dosen dan mahasiswa dan hubungan didaktis (HD) antara mahasiswa dan materi. Setelah dimodifikasi Segitiga Didaktis menggambarkan hubungan pedagogis (HP) antar dosen dan mahasiswa dan hubungan didaktis (HD) antara mahasiswa dan materi, dan hubungan antisipasi dosen dan materi yang disebut sebagai antisipasi didaktis dan pedagogis (ADP).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Andri Kristianto Sitanggang, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Asrin Lubis, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Matematika

Tetty Suyanty Elisa, Universitas Negeri Medan

Fakultas Ilmu Pendidikan
How to Cite
Sitanggang, A. K., Lubis, A., & Elisa, T. S. (2024). PENGEMBANGAN MODEL DESIGN DIDACTIC RESEARCH (DDR) UNTUK MENGATASI HAMBATAN BELAJAR (LEARNING OBSTACLE) MATEMATIKA. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 15(1), 1–6. https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.60118

References

  1. Darjiani, N. N. Y., Meter, I. G., & Negara, I. G. A. O. (2015). Analisis kesulitan- kesulitan belajar matematika. Mimbar PGSD UNDIKSHA: Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5070
  2. Fauzi, I., & Suryadi, D. (2020). Didactical design research untuk mengembangkan kompetensi pedagogik guru di sekolah dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 58-68. https://doi.org/10.36456/inventa.4.1.a2207
  3. Firmansyah, M. A. (2017). Analisis hambatan belajar mahasiswa pada mata kuliah statistika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2). 115-127. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2036
  4. Kemendikbud. (2022). Program Merdeka Belajar. Jakarta: Kemendikbud.
  5. Miliyawati, B. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Jepang Serta Perbandingannya dengan di Indonesia. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol1no1.2016pp1-16
  6. Suryadi, D. (2018). Landasan Filosofis Penelitian Desain Didaktis (DDR). Bandung: Departemen Pendidikan Matematika UPI.
  7. Zulhendri, Z. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aljabar Linear Berbantuan Matlab. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 122-134. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.14