PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DI SMA KATOLIK KABANJAHE
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMA Katolik Kabanjahe T.A 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Katolik Kabanjahe yang berjumlah 35 orang .Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan test, observasi dan angket. Dari penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : 1) Siswa mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu persentase kemampuan memahami masalah meningkat 12,5%; kemampuan merencanakan penyelesaian masalah meningkat 55,47%; kemampuan menyelesaikan perencanaan masalah meningkat meningkat 47,86%; dan kemampuan memberikan kesimpulan meningkat 17,86% dengan kriteria peningkatan sedang. 2) Pembelajaran berbasis pendekatan metakognitif dengan strategi konflik kognitif merupakan suatu pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta : Rineka Cipta
Anas, A. (2013). “Konsep Pendekatan Dan Metode Pembelajaran Bahasa”. Jurnal Paedagogia. Volume 2, No. 1 Tahun 2013:1-24
Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara:
Battista, M.T. (2010). “Engaging Students in Meaningful Mathematics Learning: Different Perspectives, Complementary Goals”. Journal of Urban Mathematics Education. Volume 3, No. 2 : 34–46
Ersoy, E. & Guner, P. (2015). “The Place Of Problem Solving Anda Mathematical Thinking In The Mathematical Teaching “. The Online Journal of New Horizons in Education. Volume 5,No. 1: 120-130
Gurney, P. (2007). “Factors for Effective Teaching”. New Zealand Journal of Teachers’ Work.Volume 4, No. 2 : 89-98
Harahap, Rika Prasetia Ningsih. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik siswa SMP Al-Hidayah Medan Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah T.P. 2014/2015. Skripsi FMIPA UNIMED
Hasratuddin. 2015. Mengapa Harus Belajar Matematika. Medan: Perdana Publishing
Hollingworth, R.W. & Mc Loughlin, C. (2001). “Developing Science Student’s Metacognitive Problem Solving Skills Online”. Australian Journal of Educational Technology .Volume 17, No.1: 50-63
Hudojo, Herman. (2005). Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang
Ismaimuza, D. (2010). “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Dan Sikap Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan Matematika.Volume 4.No.1:11-20
Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada
Khairani, H.Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Sleman: Aswaja Pressindo
Lee,G. dkk. (2003). “Development of an Instrument for Measuring Cognitive Conflict in Secondary-Level Science Classes”. Journal Of Research In Science Teaching. Volume 40, No. 6: 585–603
Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Windari,F dkk. (2014). “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014 Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri”. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3, No.2:25-28
Suparno, Paul. (2009). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisisus
DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v1i1.19151
Article Metrics
Abstract view : 133 timesPDF - 106 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi :
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan