PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWAT.A. 2019/2020

Irfan Hilmi, Izwita Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pendidikan matemati karealistik yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, (2) peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tanjung Morawa melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XII MIA 3 SMA Negeri 1 TanjungMorawa T.A. 2019/2020 yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian adalah penerapan pendidikan matematika realistic untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Berdasarkan hasil tes awal didapatkan tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sangat kurang dengan nilai rata-rata kelas 30 dan hanya 1 siswa atau 3,33% yang mencapai ketuntasan belajar secara individu. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa adalah cukup yaitu dengan nilai 61,94 dan terdapat 10 siswa atau 33,33% yang mencapai ketuntasan belajar dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 2,68 dengan kategori baik. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan siklus II, tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas yaitu 86,39 dengan 26 orang atau 86,66% siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 3,37 dengan kategori baik. Nilai n-gain juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 0,42dalam kategori sedang, sedangkan pada siklus II 0,70 dalam kategori tinggi. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika siswa meningkat dengan menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik di SMA Negeri 1 TanjungMorawa T.A. 2019/2020.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (2018).Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Faturrohman, M. dab Sulistyorini. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Indayani, Nunik. (2014). Peningkatan HOTS melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X SMKN 4 Malang. Malang: Skripsi UM

Mufidah, Siti dan Wijaya,Ariyadi.(2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY

OECD. (2015). PISA 2015 Result in Focus

TIMMS. (2015). TIMMS 2015 Internasional Results in Mathematics.




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v1i1.19152

Article Metrics

Abstract view : 180 times
PDF - 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan