Analisis Berpikir Aljabar dan Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi SPLDV

Nadia Zulfa Kosasih

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar dan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi dengan pemberian soal tes, wawancara secara tidak terstruktur dan menulis catatan lapangan. Instrumen utamanya peneliti sendiri dengan instrumen bantuan soal tes dan catatan lapangan. Sumber data penelitian peserta didik kelas 8 SMP Negeri 6 Tasikmalaya yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi aljabar. Teknik analisis data yang dilakukan dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dikemukakan bahwa pada kemampuan berpikir aljabar peserta didik tidak memenuhi indikator generasional, diakibatkan oleh kesalahan prosedural, dan pada indikator transformasional peserta didik dinilai memenuhi karena mampu melakukan kedua aktivitas yang ada, untuk indikator level-meta global peserta didik tidak memenuhi karena tidak mampu melakukan aktivitas pemecahan masalah menemukan konsep penyelesaian, hal ini diakibatkan oleh kesalahan konseptual

Full Text:

PDF

References


Badawi, Ahmad , Rochmad, Agoestanto. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Dalam Matematika Pada Siswa Smp Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education. Retrivied from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/13100

Cahyaningtyas; Novita, Dian; Toto. (2018). Analisis Proses Berpikir. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, V(1), 50-60. Retrivied from: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpm

Chazan, D. (1996). Algebra for All Students?. Journal of Mathematical Behavior, 15 (4), hlm. 455–477. [Online]. Diakses dari https://eric.ed.gov/?id=EJ545179

Hidayati, Fajar. (2010). Kajian kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta dalam mempelajari aljabar. Skripsi Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta

Khanifah, N. M., Nusatara, Toto. (2013). Analisis kesalahan penyelesaian soal prosedural bentuk pangkat bulat dan scaffoldingnya. Jurnal Online Universitas Malang, 1—14. Retrivied from http://jurnal-online.um.ac.id.

Kieran, C. (2004). Algebraic Thinking in the Early Grades: What Is It?. The Mathematics Educator. Université du Québec à Montréal, Montréal, QC.

Lins, R.C. (1992). A Framework for understanding what algebraic thinking is. PhD thesis. University of Nottingham.

Machrus, Agus. (2012). Pengaruh kemampuan berpikir aljabar terhadap kreativitas berpikir aljabar terhadap kreativitas berpikir siswa dalam matematika. Thesis. http://repository.syekhnurjati.ac.id/962/.

Radford, Luis. (2006). Algebraic Thinking and The Generalization of Patterns: A Semiotic Perspective. Proceedings of the 28th annual meeting of the North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. Mérida, México: Universidad Pedagógica Nacional. Retrivied from https://www.researchgate.net/publication/239933692_Algebraic_thinking_and_the_generalization_of_patterns_A_semiotic_perspective.

Satoto, S., Sutarto, H., & Pujiastuti, E. (2013). Analisis Kesalahan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal dengan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2). Retrivied from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/1757.

Sovhick, R. J. (1996). Teaching Mathematics to Children (2nd edition). Hamer Collins College Publisher, New York, USA.

Sulistyanigsih, A., Rakhmawati, E. (2017). Analisis kesalahan siswa menurut kastolan dalam pemecahan masalah matematika. Seminar Matematika dan Pendidikan Pendidikan Matematika UNY 2017. Retrivied from: http://seminar.uny.ac.id.

Supratman. (2017). Developing Piaget’s theory in mistakes construction of knowledge when problem solving through analogical reasoning. American Scientific Publishers (ASP). Siliwangi University. Retrivied from https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1028/1/012146.

Walkoe, J. (2014). Exploring Teacher Noticing of Student Algebraic Thinking in A Video Club. Journal of Mathematics Teacher Education, 18 (6), hlm. 523-550. [Online]. Diakses dari https://link.springer.com/article/10.1007/s10857-0149289-0.

Zain, M., Idris, M., Rizal, M. (2016). Analisis pemecahan masalaj aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(3). 359—372. Retrivied from: http://jurnal.untad.ac.id.




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v1i2.21901

Article Metrics

Abstract view : 382 times
PDF - 311 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan