Downfall of The Cartels: Gim Edukasi Terintegrasi Sosialisasi P4GN Badan Narkotika Nasional Sebagai Sistem Pendukung Model Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah

Muhammad Panca Muliadi, Muliawan Firdaus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui validitas gim edukasi terintegrasi sosialisasi P4GN sebagai sistem pendukung model pembelajaran berbasis masalah matematika, 2 )Mengetahui kepraktisan gim edukasi terintegrasi sosialisasi P4GN sebagai sistem pendukung model pembelajaran berbasis masalah matematika, dan 3) Mengetahui efektifitas gim edukasi terintegrasi sosialisasi P4GN sebagai sistem pendukung model pembelajaran berbasis masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (design & research). Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Serba Jadi yang beralamat di Jalan Budi Kemenangan Nomor 24 Kota Medan dan direncanakan untuk dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020-2021. Subjek uji coba penelitian adalah kelas C dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang yang ditetapkan secara acak. Studi pengembangan dalam penelitian ini mengikuti proses pengembangan model ADDIE. Berdasarkan data hasil penelitian 1) Hasil pengembangan yang berupa Gim Edukasi dinyatakan valid. Penilaian dalam kategori valid dengan presentasi sebesar 80% dan penilaian secara umum gim ini sangat baik dan dapat digunakan. 2) Hasil pengembangan yang berupa Gim Edukasi dinyatakan praktis. Penilaian dalam kategori praktis dengan hasil program ini dapat dijalankan dan tidak mengalami gangguan (error) saat dijalankan.3) Hasil pengembangan yang berupa Gim Edukasi dinyatakan Efektif. Dengan hasil penggunaan media pembelajaran gim edukasi “Downfall of The Cartels”  mampu  melebihi kriteria hasil ketuntasan belajar siswa siswa secara klasikal, yaitu sebesar 90 % dan penggunaan media pembelajaran gim edukasi “Downfall of The Cartels”  mampu  mendapatkan respon positif dari siswa, yaitu sebesar 90 %.

Full Text:

PDF

References


Analisa ., Suharningsih. (2017) Implementasi Kurikulum Integrasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Smk Negeri 7 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan., 3(5):1.112-1.126.

Anastasiadis, T., Lampropoulos, G., Siakas, K. (2018), Digital Game-based Learning and Serious Games in Education, International Journal ofAdvances in Scientific Research and Engineering (ijasre) ., 4(12): 139-144.

BNN, (2015) Rencana Strategis Badan Narkotika Nasional Tahun 2015-2019, Badan Narkotika Nasional, URL: https://ns2.bnn.go.id/uploads/ download/Reviu Renstra _BNN_2015-2019_A5_doc.pdf, Diakses Tanggal 19 Desember 2019.

BNN, (2017) Rencana Strategis Badan Narkotika Nasional Tahun 2015-2019. Badan Narkotika Nasional, URL: https://ns2.bnn.go.id/uploads/ download/Reviu_RenstraBNN_2015-2019_A5_doc.pdf.Diakses Tanggal 19 Desember 2019.

Dele-Ajayi, O., Strachan, R., Pickard, A, J. & Sanderson, J. J. (2019) Games for Teaching Mathematics in Nigeria: What Happens to Pupils’ Engagement and Traditional Classroom Dynamics? IEEE Access., 7:53248–53261.

Dio, R. V.(2015) Game Development as Students’ Engagement Project in High School Mathematics, Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research., 3(5):110-119.

Dudley, C. J. (2010) An exploration of instructional strategies for increasing levels of student engagement in core subjects. Northcentral University.

Fitria, R. (2018) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan Tambusai., 2(4): 786-792.

Gullen., Ashley., Gullen., Thomas. (2011) Construct 2, http://www.scirra. com/construct2, diakses 15 Desember 2019.

Itjen Kemdikbud., (2019) Mengintegrasikan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba, URL: https://itjen.kemdikbud.go.id/public/post/detail/mengintegrasikan-bahaya-penyalahgunaan-narkoba, Diakses Tanggal 19 Desember 2019.

Joyce, B, & Weil. (2009) Model-model Pengajaran, Edisi 8, Terjemahan A, Fuwaid & A, Mirza, Edisi ke-8, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Kanthan, G. (2011). Strengthening student engagement in the classroom. Singapore: National University of Singapore.

Kemdikbud RI. (2019), Program “Aksi” Bekali Guru Cegah Penyalahgunaan Narkoba bagi Siswa, URL: https://www.kemdikbud.go.id /main/blog/2019 /08/program-aksi-bekali-guru-cegah-penyalahgunaan-narkoba-bagi-siswa, Diakses Tanggal 19 Desember 2019.

Kemenkes RI. (2017) Infodatin Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI, URL: https://www.kemkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/infodatin-anti-narkoba.pdf, Diakses Tanggal 19 Desember 2019.

Kementerian PPN/Bappenas. (2018) Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2019: Pemerataan Pembangunan untuk Pertumbuhan Berkualitas, URL: https://www.bappenas.go.id/files/rkp/PEMUTAKHIRAN%20RKP%20TAHUN%202019,pdf, Diakses Tanggal 19 Desember 2019.

Kirschner, P.A., J. Sweller, & R.E. Clark. (2006) Why Minimal Guidance During Instruction Does Not Work:An Analysis of the Failure of Constructivist, Discovery, Problem-Based, Experiential, and Inquiry-Based Teaching, Educational Psycologis.t, 41:2, 75-86.

Machali, Imam. (2014) Integrasi Pendidikan Anti Narkoba Dalam Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kurikulum 2013, Jurnal Pendidikan Islam., 2(8):229-246.

Manurung, M, Y. (2019) Polisi Sebut Tindakan Kriminalitas Remaja Dipicu Narkoba, URL: https://metro.tempo.co/read/1185391/polisi-sebut-tindakan-kriminalitas-remaja-dipicu-narkoba/full&view=ok, Diakses Tanggal 19 Desember 2019.

Nasrudin, N,, Agustina, I,, Akrim, A,, Ahmar, A,S,, Rahim R. (2018) Multimedia educational game approach for psychological conditional, International Journal of Engineering & Technology., 7 (2,9): 78-81.

Nieveen, N. (1999), Prototyping to Reach Product Quality, In Jan Van den Akker, R, M, Branch, K, Gustafson, N, Nieveen, & Tj, Plomp, Design Approaches and Tools in Education and Training, Dordrecht, Kluwer Academic Publisher, The Netherlands.

Nieveen, N. (1999) “Prototype to reach product quality. Dlm. van den Akker, J.,Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt.)”, Designapproaches and tools in educational and training, Dordrecht: KluwerAcademic Publisher.

Puslitdatin BNN, (2019), Survei Prevalensi 2018, URL: https://ns2.bnn.go.id/ uploads/materi/10_PAPARAN_KAPUSLITDATIN_Peran_Puslitdatin_dalam_Mendukung_P4GN_220217,pdf, Diakses Tanggal 19 Desember 2019,

Reeve, J., Jang, H., Carrell, D., Jeon, S., & Barch, J. (2004). Enhancing students' engagement by increasing teachers' autonomy support. Motivation and Emotion., 28(2), 147-169.

Rokhmawati, J, D,, Djatmika, E, T,, dan Wardana, L. (2016) Implementation of Problem Based Learning Model to Improve Students’ Problem Solving Skill and Self-Efficacy (A Study on Ix Class Students of SMP Muhammadiyah), IOSR Journal of Research & Method in Education.,(3):51-55.

Rosli, R., Goldby, D., &Amp; Capraro, M. M.. (2013) Assesing Students’ Mathematical Problem Solving And Problem Posing Skills. Asian Social Sciense., 9(16):54.

Saeed, S., & Zyngier, D. (2012) How motivation influences student engagement: A qualitative case study. Journal of Education and Learning,, 1(2), 252

Safitri, W,C,D. (2019) Efektivitas Media Board Game Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Tematik di SD, Jurnal Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2): 72-78.

Sari, K,W. (2014) Pengembangan Game Edukasi Kimia Berbasis Role Playing Game (RPG) Pada Materi Struktur Atom Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Untuk Siswa Kelas X SMA di Kabupaten Purworejo, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(2): 96-104.

Scirra. (2014) Node Webkit – Object Construct 2, https://www,scirra,com/ manual/node-webkit-object-construct2, diakses 15 Desember 2019.

Silver, H. F., & Perini, M. J. (2010) The Eight Cs of engagement: How learning styles and instructional design increase student commitment to learning. On Excellence in Teaching., 319-344.

Simangunsong, R. H, Kartono, Sri Utami. (2014) Peningkatan Keterlibatan Siswa Pada Matematika Yang Menyenangkan Menggunakan Teknik Permainan Kelas II Sekolah Dasar, [skripsi], Pontianak (ID): Universitas Tanjung Pura.

Suryawati, E., & Osman, K. (2018) Contextual learning: innovative approach towards the development of students’ scientific attitude and natural science performance, Eurasia Journal of Mathematic, Science and Technology Education, 14(1)., 1305-8223, doi: 10.12973/ejmste/79329.

Tianingrum, N,A. (2018) Pengaruh Keterpaparan Informasi Terhadap Stigma Hiv&Aids Pada Pelajar Sma, Jurnal Ilmu Kesehatan., 6(1): 51-59.

Van Merriënboer, J, J, G,, & Kirschner, P, A. (2018) Ten steps to complex learning: A systematic approach to four-component instructional design (3rd Ed,), Edisi ke-3, Routledge, New York.




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v1i2.21903

Article Metrics

Abstract view : 281 times
PDF - 204 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan

 

slot gacor slot