Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Articulate Storyline 3 Berbasis Android

Dichi Wahyudi, Zul Amry

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan, kepraktisan serta keefektifan dari media pembelajaran matematika articulate storyline 3 berbasis android pada materi himpunan kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Medan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu: Analysis (A), Design (D), Development (D), Implementation (I), Evaluation (E). Instrumen penilaian adalah lembar angket yang digunakan untuk uji kelayakan dari produk media pembelajaran matematika articulate storyline 3 berbasis android. Hasil penelitian pengembangan ini telah dihasilkan produk media pembelajaran matematika articulate storyline 3 berbasis android pada materi himpunan di kelas VII dengan kelayakan sesuai hasil penilaian ahli media memperoleh persentase sebesar 88,88% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli materi memperoleh presentase 90% dengan kategori sangat layak. Respon dari guru memperoleh persentase sebesar 84% dengan kategori sangat praktis, dan respon siswa memperoleh presentase sebesar 87,16% dengan kategori sangat praktis. Untuk penilaian keefektifan media pembelajaran diperoleh presentase 85% siswa tuntas dalam belajar perkelas dan 85,5% siswa yang memberikan respon positif terhadap media pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan sebagai efektif. Hasil uji media pembelajaran matematika articulate storyline 3 berbasis android yang dikembangkan sangat layak, praktis, dan efektif serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada materi himpunan kelas VII SMP.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v3i1.35077

Article Metrics

Abstract view : 347 times
PDF - 352 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan