Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa tingkat SMP dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini dilakukan pada 30 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mandau. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, di mana teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, berupa soal uraian sebanyak 3 butir mengenai aritmatika sosial. Soal literasi melingkupi 3 proses literasi matematika yaitu merumuskan (formulate), menerapkan (employ), dan menafsirkan (interpret). Hasil penelitian menunjukkan dari 3 soal literasi matematis yang diberikan, didapat hanya 2 siswa yang mampu menyelesaikan seluruh soal dengan benar. Sementara siswa lainnya dapat menyelesaikan soal literasi matematis pada proses merumuskan (formulate) dan menerapkan (employ), namun tidak mampu sampai pada tahapan menafsirkan (interpret). Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa berada pada kategori sedang sebanyak 19 siswa dengan presentase 63%, kategori tinggi sebanyak 2 siswa dengan presentase 7%, dan 9 siswa lainnya masuk dalam kategori kemampuan literasi matematis rendah dengan presentase 30. Adapun hal yang bisa menjadi penyebab masih belum maksimalnya jawaban siswa adalah tidak terbiasa mengerjakan soal non rutin, sehingga kebanyakan siswa tidak sampai pada tahap menerapkan (employ) dan menafsirkan (interpret)
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v4i1.46177
Article Metrics
Abstract view : 195 timesPDF - 432 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi :
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan