Analisis Miskonsepsi Peserta didik Sekolah Dasar tentang Materi Pecahan

Siti Nur Ariyani

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengetahuan dan pemahaman Guru Sekolah Dasar pada miskonsepsi yang dialami peserta didik sekolah dasar tentang mata pelajaran matematika materi pecahan. Metode penelitian kualitatif studi kasus digunakan untuk melakukan penelitian. Data dikumpulkan dengan bentuk semi terstruktur yang dikembangkan oleh peneliti untuk mengumpulkan pandangan Guru Sekolah Dasar tentang miskonsepsi peserta didik. Para guru menyatakan bahwa pada materi pecahan, peserta didik sekolah dasar paling banyak mengalami kesulitan cara merepresentasikan bentuk-bentuk pecahan, konsep penyebut dan pembilangnya, cara mengurutkan pecahan dari terkecil atau dari terbesar, menyelesaikan soal cerita, membaca dan menulis pecahan, membandingkan pecahan dan mengubah pecahan ke dalam bentuk yang berbeda, menunjukkan  nilai pecahan garis bilangan dan peserta didik memiliki kesalahpahaman tentang operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v4i2.54085

Article Metrics

Abstract view : 75 times
PDF - 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan