Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Konten Change and Relationship Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.); Issue 1). CV. Syakir Media Press.
Ahmad Fadilla & Ni’mah. (2019). Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship. Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship, 3(2), 127–131.
Darmono, A. (2012). Identifikasi Gaya Kognitif (Cognitive Style) Peserta Didik dalam Belajar. Al-Mabsut, 3(1), 63–69.
Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, 1, 140–144.
Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
Purnomo, S. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konten Space and Shape untuk Mengetahui Level Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Berdasarkan Analisis Model RASCH. Universitas Jember.
Purwanti, R. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122.
Rahma, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Dalam Perspektif Gender Di SMA Negeri 7 Pinrang [Institut Agama Islam Negeri Parepare]. http://repository.iainpare.ac.id/4149/%0Ahttp://repository.iainpare.ac.id/4149/1/18.1600.028.pdf
Rahmasari, I., & Setyaningsih, N. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Memecahkan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya pada Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 07(June), 1773–1786.
Ridzkiyah. N., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Program for International Assessment (PISA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 1–13. http://103.98.176.9/index.php/JIPMat/article/view/8237
Rifqiyana, L., Masrukan, & Susilo, B. E. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Dengan Pembelajaran Model 4K Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1), 40–46.
Susilawati, L., Farida, N., & Pranyata, Y. I. P. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Model Pisa Pada Konten Change and Relationship Berdasarkan Nea (Newman’S Error Analysis). JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 5(1), 8. https://doi.org/10.24269/silogisme.v5i1.2577
Wahyu Utomo, M. F., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 185–193. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25569
Wati, E. H., & Murtiyasa, B. (2016). Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA Pada Konten Change and Relationship. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), 199–209.
Yuliyani, D. R., & Setyaningsih, N. (2022). Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Berbasis PISA Konten Change and Relationship Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1836–1849. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2067
Zulkarnain, I. (2023). Soal Matematika dalam Materi Statistika Berbasis Etnomatematika untuk Mengukur Literasi Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 39–50. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.2561
DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v4i2.56524
Article Metrics
Abstract view : 89 timesPDF - 54 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi :
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan