Inovasi Pemahaman Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Modern Pada Pembelajaran Linier Berbasis MATLAB Mobile Ver 5.3
DOI:
https://doi.org/10.24114/jfi.v6i1.66074Abstract
Pengembangan teknologi komputer memudahkan berbagai kelompok untuk menggunakannya di berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Komputer dapat berkontribusi secara signifikan pada proses pembelajaran. Dalam kasus matematika, terutama pada kursus aljabar linier, kriteria program matematika didukung oleh konseptualisasi gagasan tentang aljabar melalui perangkat lunak MATLAB. Aljabar linier adalah salah satu cabang matematika, seringkali banyak perhitungan yang masih dilakukan siswa secara manual. Proses perhitungan ini bisa menjadi hambatan yang sulit bagi siswa saat memahami materi. Karena itu, diperlukan aplikasi MATLAB yang akan membantu mahasiswa untuk membuat perhitungan lebih mudah. Penelitian memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat menghasilkan inovasi pada siswa untuk memahami bahan aljabar linier. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi pustka dimana para peneliti menyelidiki teori program dan teknik linier untuk menyelesaikan masalah program linier menggunakan MATLAB. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan perangkat lunak MATLAB sangat efektif dalam membantu mahasiswa memahami konsep dasar vektor dan matriks. MATLAB memungkinkan visualisasi dan manipulasi data dalam bentuk yang lebih konkret dan interaktif, sehingga memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan operasi matematika.Downloads
Published
2025-06-29
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).