Hubungan Keterampilan Proses Sains dengan Praktikum ditinjau dari Hasil Belajar Peserta didik SMA Negeri 19 Makassar

Satriani Satriani, Nursaida Hardiyanti

Abstract


Pembelajaran Biologi memiliki peran penting dalam mengembangkan kompetensi peserta didik dengan menekankan pembelajaran langsung atau pengalaman nyata melalui pelaksanaan praktikum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keterampilan proses sains dengan praktikum ditinjau dari hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 19 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto bersifat korelasional. Sampel penelitian berjumlah 64 peserta didik dipilih secara purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah kuesioner pelaksanaan praktikum dan keterampilan proses sains, dokumentasi dengan menghimpung semua hasil belajar peserta didik tahun ajaran 2019/2020. Analisis data menggunakan uji korelasi Product Moment Pearson dan analisis jalur (path). Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan analisis inferensial menggunakan aplikasi computer SPSS versi 20. Diperoleh nilai sig. 0.000 < 0.05 dan nilai R Square menunjukkan angka 0,535 yang artinya pelaksanaan praktikum memiliki pengaruh hubungan sebesar 53,5% dengan keterampilan proses sains jika ditinjau dari hasil belajar peserta didik.

Keywords


Keterampilan Proses sains, Pelaksanaan Praktikum , Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpb.v9i3.21196

Article Metrics

Abstract view : 494 times
PDF - 702 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Editorial Office of Jurnal Pendidikan Biologi Review:
Program Studi Magister Pendidikan Biologi,
Gedung Pascasarjana Lantai 4, Universitas Negeri Medan,
JL. Willem Iskandar Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara, Indonesia, 20221
+62-813-7604-4565 (Call/SMS/WA)
E-mail: jurnalpendidikanbiologi.unimed@gmail.com
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Biologi: Journal of Biology Education by Department of Biology Education, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Medan. Dikelola oleh Jurnal Universitas Negeri Medan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2086-2245 | e-ISSN (Online) 2502-3810