Ruang Lingkup

Jurnal ini bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara penelitian dan praktik, memberikan informasi, ide-ide dan pendapat, selain analisis kritis kemajuan dalam penelitian pendidikan biologi. Melalui cakupan perkembangan kebijakan dan kurikulum, hasil terbaru dari penelitian serta aplikasinya dalam pengajaran, pembelajaran dan penilaian biologi dimasa yang akan datang. Penekanan khusus ditempatkan pada penelitian yang relevan dengan praktek pendidikan, dipandu oleh realitas pendidikan dalam sistem, sekolah, perguruan tinggi dan universitas.

Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik nasional yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini diterbitkan tiga kali dalam setahun dibulan April, Agustus, dan Desember. Jurnal ini menyajikan hasil penelitian dibidang Pendidikan Biologi.

Ruang Lingkup Jurnal Pendidikan Biologi yaitu:

  1. Pengembangan pembelajaran biologi disemua tingkat pendidikan
  2. Pengembangan perangkat pembelajaran biologi
  3. Penelitian tindakan kelas dalam biologi
  4. Penelitian kualitatif dibidang pendidikan biologi
  5. Managenen sekolah dan laboratorium biologi
  6. Evaluasi pembelajaran biologi
  7. Tren pendidikan biologi dan profesionalitas guru biologi