Copyright

Plagiarism

Ini merupakan kebijakan editorial jurnal untuk tidak menoleransi adanya plagiarisme (termasuk self plagiarisme). Naskah akan diperiksa menggunakan aplikasi Plagiarism Checker X dan akan ditolak jika ditemukan. Editorial jurnal telah menetapkan ambang batas maksimum 20% similaritas dalam naskah dengan artikel yang telah diterbitkan. Penulis disarankan untuk memastikan bahwa nilai similaritas tidak lebih dari ambang batas maksimum. Untuk penulisan abstrak dalam bahasa Inggris, kami menggunakan apliasi Grammarly untuk menguji ketepatan penulisan dan similaritas abstrak tersebut.

Copyright

Penyerahan naskah menyiratkan bahwa karya yang diserahkan belum pernah diterbitkan sebelumnya (kecuali sebagai bagian dari tesis, laporan, atau abstrak). Naskah tidak dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain. Penerbitannya telah disetujui oleh semua penulis bersama. Jika dan kapan naskah diterima untuk publikasi, penulis masih memegang hak cipta dan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Penulis atau orang lain diperbolehkan untuk melipatgandakan artikel selama tidak untuk tujuan komersial. Untuk penemuan baru, penulis disarankan untuk mengelola patennya sebelum diterbitkan.

Open Access

Jurnal ini berkomitmen untuk membuka akses bebas yang tidak membebankan biaya kepada pembacanya atau lembaga mereka. Pembaca berhak membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikel, selama tidak untuk tujuan komersial. Jenis lisensi adalah CC-BY-4.0.

Disclaimer

Tidak ada tanggung jawab yang dikenakan kepada Penerbit atau oleh editor untuk kesalahan dan/atau kerusakan pada naskah sebagai akibat dari pernyataan pencemaran nama baik atau dugaan pencemaran nama baik, pelanggaran hak kekayaan intelektual atau privasi, atau kewajiban produk, baik akibat kelalaian atau sebaliknya, atau dari penggunaan atau operasi ide, instruksi, prosedur, produk atau metode apa pun yang terkandung dalam materi di dalamnya.