Peer Review Process

Peer Review Process

Artikel penelitian yang diserahkan ke jurnal online ini akan ditinjau oleh rekan sekurang-kurangnya 1 (satu) reviewer. Artikel penelitian yang diterima akan tersedia secara online setelah proses peer-review jurnal. Bahasa yang digunakan dalam jurnal ini adalah bahasa Indonesia dan dilengkapi dengan abstrak berbahasa Inggris.

Peer Review dirancang untuk menilai validitas, kualitas, dan sering kali orisinalitas artikel untuk publikasi. Tujuan utamanya adalah untuk menjaga integritas sains dengan menyaring artikel yang berkualitas buruk atau kurang baik.

Dari perspektif penerbit, fungsi peer review sebagai filter untuk konten, mengarahkan artikel berkualitas lebih baik ke jurnal berkualitas lebih baik dan menciptakan nilai bagi Jurnal Pendidikan Biologi.

Memproses artikel melalui proses peer review menambah nilai bagi penulis maupun penerbit jurnal itu sendiri. Karena alasan ini, penerbit perlu memastikan bahwa ulasan review berjalan dengan baik.


Editor Feedback

"Menunjukkan kekhususan tentang kekurangan dalam struktur naskah adalah yang terpenting. Apakah metode valid, apakah data disajikan dengan jelas, dan kesimpulan didukung oleh data?" (Umpan balik editor)

“Jika seorang editor dapat membaca komentar Anda dan memahami dengan jelas dasar untuk rekomendasi Anda, maka Anda telah menulis ulasan yang bermanfaat.” (Umpan balik editor)


Peer Review yang Baik

Apa yang paling baik dilihat oleh reviewer adalah untuk meningkatkan kualitas makalah yang diterbitkan dengan memotivasi penulis untuk menyerahkan pekerjaan berkualitas baik dan membantu meningkatkan melalui proses tinjauan reviewer.

Faktanya, 90% peneliti merasa bahwa ulasan review meningkatkan kualitas makalah yang mereka terbitkan (University of Tennessee dan CIBER Research Ltd, 2013).