Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Group Investigation (GI) Terhadap Keterampilan Proses Sains Di MAN Kabanjahe
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpb.v6i3.8046Abstract
This study aims to determine the effect of learning strategies on the skills of the science process. The research method used quasi experiment with research sample of 3 classes determined randomly with cluster random sampling technique. Class A is taught by Problem Based Learning strategy, class B with Group Investigation and Class C (Control) learning strategy using Conventional learning strategy. The research instrument uses a science skill test in the form of a description of the observation sheet. Data analysis techniques with Covariate Analysis (ANACOVA) at significant level α = 0.05 with the help of SPSS 24. The results showed there is a significant influence of learning strategy on science process skills (F = 9,229; P = 0,000). As a follow-up of the results of this study is expected to teachers to be able to implement Problem Based Learning (PBL) strategy on Ecology material in an effort to improve the skills of science process.Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Penyerahan naskah menyiratkan bahwa karya yang diserahkan belum pernah diterbitkan sebelumnya (kecuali sebagai bagian dari tesis, laporan, atau abstrak). Naskah tidak dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain. Penerbitannya telah disetujui oleh semua penulis bersama. Jika dan kapan naskah diterima untuk publikasi, penulis masih memegang hak cipta dan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Penulis atau orang lain diperbolehkan untuk melipatgandakan artikel selama tidak untuk tujuan komersial. Untuk penemuan baru, penulis disarankan untuk mengelola patennya sebelum diterbitkan.
Open Access
Jurnal ini berkomitmen untuk membuka akses bebas yang tidak membebankan biaya kepada pembacanya atau lembaga mereka. Pembaca berhak membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikel, selama tidak untuk tujuan komersial. Jenis lisensi adalah CC-BY-4.0.
Disclaimer
Tidak ada tanggung jawab yang dikenakan kepada Penerbit atau oleh editor untuk kesalahan dan/atau kerusakan pada naskah sebagai akibat dari pernyataan pencemaran nama baik atau dugaan pencemaran nama baik, pelanggaran hak kekayaan intelektual atau privasi, atau kewajiban produk, baik akibat kelalaian atau sebaliknya, atau dari penggunaan atau operasi ide, instruksi, prosedur, produk atau metode apa pun yang terkandung dalam materi di dalamnya.