Keterampilan Bertanya dalam Proses Pembelajaran di Kelas

Agnes Novitasari Waruwu, Amelia Rahmadhanty, Anjani Hutagalung, Indri Purnama Sari, Zumayrani Almsy

Abstract


Guru sebagai pendidik memiliki tuntutan besar dan harus menguasai berbagai kompetensi atau keterampilan dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Diantara sekian hal tersebut adalah kompetensi paedagogik. Kompetensi paedagogic didasarkan kepada 8 keterampilan dasar mengajar dan diantaranya yakni keterampilan bertanya. Keterampilan bertanya kentara berkualitas karena dapat mempengaruhi tingkat partisipasi dan perhatian peserta didik dalam keaktifan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan penelusuran lebih dalam terhadap keterampilan bertanya yang diperlu diperhatikan, dikuasai serta diimplementasikan secara tepat oleh seluruh pendidikan maupun calon pendidik. Proses memperdalam informasi terjadi keterampilan bertanya dilakukan melalui studi kepustakaan dengan mengkaji berbagai sumber dan telaah terhadap berbagai sumber baik dari jurnal, buku, dokumen atau akar informasi lainnya yang relevan serta berhubungan dengan kajian keterampilan bertanya. Keterampilan bertanya secara absolud penting dikuasai oleh pendidikan karena dapat membangun pembelajaran yang menyenangkan, efektif, serta membentuk kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kualitas pertanyaan yang dikemukakan berhubungan terhadap kualitas jawaban serta menggali tingkat persepsi yang telah dikuasai oleh peserta didik. Keterampilan ini berkedudukan sebagai keterampilan pondasi guna mengembangkan keterampilan lainnya.


Full Text:

PDF

References


Bastian, B.(2019).Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran di Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1357-1365. doi: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7899

BMPM Aceh. (2021).Pentingnya Keterampilan Bertanya bagi Guru diunduh di http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=2091 tanggal 3 April 2023 pukul 05.47

Darmadi, H. (2010). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Gulo. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo

Hasma, H. (2017). Keterampilan Dasar Guru untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 23-35. doi: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v17i1.1555

Indriyani, S. (2019). Kemampuan Dosen Menerapkan Keterampilan Bertanya pada Mata Kuliah Biologi Dasar di UIN Antasari. Journal of Islamic and Law Studies, 3(1), 41-61. doi: https://dx.doi.org/10.18592/jils.v1i1.2656

Perangin-Angin., L. M., dkk. (2023). Microteaching (Teori dan Praktik Pengajaran yang Efektif). Medan: CV. Media Sains Indonesia

Rahman, F.R., dkk. (2022). Pentingnya Keterampilan Dasar Mengajar untuk Menjadi Guru Profesional Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 13265-13274. doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10764

Ruslan, R. (2008). Metodologi Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sa’ud, S.U. (2009). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Sihotang, H., & S.T. Simorangkir. (2020). Buku Pedoman Praktik Microteaching. Jakarta: UKI Press

Sukirman, D. (2012). Pembelajaran Micro. Bandung: UPI Press

Sunarto, I., & Rohita R. (2021). Penguasaan Keterampilan Bertanya Dasar di TK Baiturrahman. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1), 1-11. doi: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.575

Supryadi. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.44757

Article Metrics

Abstract view : 349 times
PDF - 2853 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anjani Hutagalung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official