Keterampilan Bertanya dalam Proses Pembelajaran di Kelas
Abstract
Guru sebagai pendidik memiliki tuntutan besar dan harus menguasai berbagai kompetensi atau keterampilan dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Diantara sekian hal tersebut adalah kompetensi paedagogik. Kompetensi paedagogic didasarkan kepada 8 keterampilan dasar mengajar dan diantaranya yakni keterampilan bertanya. Keterampilan bertanya kentara berkualitas karena dapat mempengaruhi tingkat partisipasi dan perhatian peserta didik dalam keaktifan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan penelusuran lebih dalam terhadap keterampilan bertanya yang diperlu diperhatikan, dikuasai serta diimplementasikan secara tepat oleh seluruh pendidikan maupun calon pendidik. Proses memperdalam informasi terjadi keterampilan bertanya dilakukan melalui studi kepustakaan dengan mengkaji berbagai sumber dan telaah terhadap berbagai sumber baik dari jurnal, buku, dokumen atau akar informasi lainnya yang relevan serta berhubungan dengan kajian keterampilan bertanya. Keterampilan bertanya secara absolud penting dikuasai oleh pendidikan karena dapat membangun pembelajaran yang menyenangkan, efektif, serta membentuk kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kualitas pertanyaan yang dikemukakan berhubungan terhadap kualitas jawaban serta menggali tingkat persepsi yang telah dikuasai oleh peserta didik. Keterampilan ini berkedudukan sebagai keterampilan pondasi guna mengembangkan keterampilan lainnya.
Full Text:
PDFReferences
Bastian, B.(2019).Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran di Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1357-1365. doi: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7899
BMPM Aceh. (2021).Pentingnya Keterampilan Bertanya bagi Guru diunduh di http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=2091 tanggal 3 April 2023 pukul 05.47
Darmadi, H. (2010). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Gulo. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo
Hasma, H. (2017). Keterampilan Dasar Guru untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 23-35. doi: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v17i1.1555
Indriyani, S. (2019). Kemampuan Dosen Menerapkan Keterampilan Bertanya pada Mata Kuliah Biologi Dasar di UIN Antasari. Journal of Islamic and Law Studies, 3(1), 41-61. doi: https://dx.doi.org/10.18592/jils.v1i1.2656
Perangin-Angin., L. M., dkk. (2023). Microteaching (Teori dan Praktik Pengajaran yang Efektif). Medan: CV. Media Sains Indonesia
Rahman, F.R., dkk. (2022). Pentingnya Keterampilan Dasar Mengajar untuk Menjadi Guru Profesional Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 13265-13274. doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10764
Ruslan, R. (2008). Metodologi Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sa’ud, S.U. (2009). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
Sihotang, H., & S.T. Simorangkir. (2020). Buku Pedoman Praktik Microteaching. Jakarta: UKI Press
Sukirman, D. (2012). Pembelajaran Micro. Bandung: UPI Press
Sunarto, I., & Rohita R. (2021). Penguasaan Keterampilan Bertanya Dasar di TK Baiturrahman. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1), 1-11. doi: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.575
Supryadi. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu
DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.44757
Article Metrics
Abstract view : 652 timesPDF - 6072 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Anjani Hutagalung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official