Implementasi Pembelajaran Tematik Model Cooperative Script sebagai Solusi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada tema 6 cita-citaku kelas IV SDN 0405 Hutaraja Lamo. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desaign one group Pretest Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 0405 Hutaraja Lamo. Dari analisis data Pretest yang dilakukan ditemukan bahwa 5 siswa tuntas dengan persentase 20,8% dan 19 siswa dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 79,2% dan untuk nilai rata-rata hasil belajar Pretest adalah 49,80 dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 15. Setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script dan diberi Posttest dengan soal yang sama seperti soal Pretest ditemukan bahwa nilai Posttest siswa dengan kategori tuntas 22 siswa dengan persentase 91,7% dan 2 siswa dengan kategori tidak tuntas dengan persentase 8,3%, dan untuk rata-rata hasil belajar siswa pada Posttest adalah 77,70 dengan nilai tertinggi adalah 95 dan nilai terendah adalah 30. Hasil pengujian hipotesis dilakukan uji Paired Sample Test dengan program SPSS 20 diperoleh nilai Signifikansi sebesar 0,000 <0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 kelas IV SDN 0405 Hutaraja Lamo.
Full Text:
PDFReferences
Ananda, L. J., Annisa, C. (2020). Pengembangan Media Monopoli Tematik Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Untuk Siswa Kelas IV SDN Sambirejo Timur. School Education Journal, 10(2), 131-140. doi: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i2.18800
Arihta. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Melalui Penerapan Model Pembelajaran Questioning Di SMP Negeri 2 Hinai Kab. Langkat. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 8(2), 83-95. doi: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v8i2.8161
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hamdayana, J. (2014). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Istarani. (2011). Kelebihan Pembelajaran Cooperative. Bandung: CV Remaja Karya.
Karo-Karo, D., Simbolon, P. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dengan Group Investigation (GI) Dikelas V SDN 060934 Medan. School Education Journal, 8(1), 48-55. doi: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i1.9776
Khairani, M. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Manalu, E. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Strategi Belajar Mengajar Pada Mahasiswa PGSD FIP UNIMED. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 8(2), 134-149. doi: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v8i2.8163
Nurmayani. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dikelas V SD Negeri 054938 Kab. Langkat. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 8(1), 35-47. doi: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i1.9781
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-ruz media.
Simbolon, N. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14-19. doi: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v1i2.1323
Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rhineka Cipta.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumarlina, S. (2021). Penerapan Cooperative Script Dalam Pembelajaran Tematis Dengan Topik Menyimpulkan Informasi Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas VI SDN Bukanagara II Cisalak Subang. Jurnal Wistara, Volume 4, 72-81. doi: https://doi.org/10.23969/wistara.v4i1
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.44846
Article Metrics
Abstract view : 190 timesPDF - 94 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Naeklan Simbolon, Putra Irawan Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official