Inovasi LKPD Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada tema 4 berbagai pekerjaan kelas IV SDN 21 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode research and development (R&D). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN 21 Rantau Utara sebanyak 19 orang. Validasi oleh ahli materi yang memperoleh skor 59 dengan persentase 84% kategori “sangat layak” dan validasi LKPD oleh validator ahli media memperoleh skor 90 dengan persentase 90% kategori “sangat layak”. Data penunjang efektifitas LKPD melalui Pretest dan Posttest. Persentase 84,21% dilihat dari nilai yang diperoleh peserta didik saat Pretes, 78,9% peserta didik memperoleh nilai di bawah KKM atau tidak tuntas sedangkan setelah diterapkan LKPD berbasis model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada hasil Posttest memperoleh ketuntasan mencapai 84,21%. Uji coba peserta didik mendapat respon yang sangat baik dengan memperoleh jumlah skor 181 dari jumlah total maksimal penilaian 190 dengan persentasikan 95,2% masuk pada kategori “Sangat Layak” digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian pada pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis model pembelajaran kooperatif tipe NHT tema 4 berbagai pekerjaan kelas IV layak digunakan untuk pembelajaran di kelas IV SDN 21 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu T.A 2022/2023. Dengan demikian LKPD ini layak dan dapat digunakan pada pembelajaran di sekolah dasar.
Full Text:
PDFReferences
Angrayani, S. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Model NHT Pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Pendidikan Dasar Dan Karakter, 2(2), 17-30. https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/37
Belawati. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Fathurrohman, M. (2015). Model- Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Husna, L., Hendri, W., & Enjoni. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dalam Pembelajaran Ipa Siswa Kelas IV Di Sd Negri 16. Jurnal Fakultas Kegurua Dan Ilmu Pendidikan, 13(2), 90- 98. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2019/14.1.01.05.0077.pdf
Intan, T. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inofatif. Surabaya: Kencana.
Komalasari. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Bandung. Bandung: Pt Refika Aditama.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Pt.Remaja Rosdakarya.
Manalu, E. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Strategi Belajar Mengajar Pada Mahasiswa PGSD FIP UNIMED. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 8(2), 134-149. doi: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v8i2.8163
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan pengimplementasian kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nadifatinisa, N., Sari, P. M. (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis higher order thingking skill (HOTS) pada pembelajaran IPA materi ekosistem kelas V. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 344-351. doi: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37574
Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press Rusman, 2012. Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Rukmanasari, M. L. (2019). Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Berdasarkan Tingkatan Berpikir Marzano. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 10-19
Rusman. (2012). Model Pembelajaran. Depok: Pt Rajagrafindo Persada.
Saleh, A. N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht (Numbered Heads Togethers). Jurnal Mutiara Pedagogik, 4(1), 1-11. doi: https://doi.org/10.34125/mp.v4i1.382
Simbolon, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Model Pembelajaran CIRC (Cooperatif Intergarted Reading And Compotetion) Pada pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 1(1), 56-66. doi: https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v1i1.87
Suprijono, A. (2011). Coperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Trianto. (2009). Mendesaian Model-Model Pembelajaran Inovative-Progesif. Jakarta: Prenada Media.
Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu (konsep, strategi dan implementasi dalam KTSP). Jakarta: Bumi Aks.
Url: https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFKIP/article/view/18224
Yamin, M, A. (2008). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta
DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.44940
Article Metrics
Abstract view : 180 timesPDF - 285 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Reyka Putri Aulia Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official