LKPD Inovatif Berbasis Anyflip Sebagai Stimulus Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan efektifitas LKPD menggunakan anyflip. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 langkah penelitian yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 060836 Danau Singkarak. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara guru, angket validasi materi dan media, angket praktisi pendidikan (guru), dan soal tes. Berdasarkan uji keefektifan LKPD menggunakan anyflip yang dikembangkan, nilai siswa meningkat dari awal sebelum menggunakan LKPD berbasis anyflip siswa mendapat nilai rata-rata 53,25 meningkat menjadi 81,81. Dari penelitian dan data yang ditemukan menunjukkan bahwa pengembangan elektronik lembar kerja peserta didik menggunakan anyflip ini sudah sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191-202. doi: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42. doi: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34-49. doi: https://doi.org/10.24042/terampil.v2i1.1280
Istiana, J. (2020). Konsep Perubahan Pendidikan dalam Pembelajaran Terpadu. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1042-1052. Di unduh di https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/223, 20 Maret 2023
Kristyowati, R. (2018). Lembar Kerja peserta didik (LKPD) IPA sekolah dasar berorientasi lingkungan. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar. Diunduh Di https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10150, 27 Maret 2023
Listyarini, I., Ulumuddin, A., Basyar, M. A. K., & Saputra, H. J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Anyflip di Sekolah Dasar. Wawasan Pendidikan, 2(1), 137-142. doi: https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9787
Mailani, E., & Almi, F. P. (2020). Pengembangan Media Kayu Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Pendekatan Saintifik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 10(1), 19-29. doi: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v10i1.19283
Marsa, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII Peserta Didik SMP Negeri 2 Watampone (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Nurdin, S., dan Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II Di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903-913. doi:10.30738/trihayu.v6i3.8151
Purba, I. (2011). Buku Petunjuk Umum Praktik Percobaan Fisika. Jakarta: Pradya Paramitha.
Rahayu, D. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Pemecahan Masalah Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3). Di unduh di https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23506, 20 Maret 2023
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rosanti, D., & Nursangaji, A. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Memfasilitasi Kemampuan Problem Solving Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(4). doi: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i4.9839
Sari, Yosita Permata. (2019). Pengembangan Lkpd Elektronik Dengan 3d Pageflip Professional Berbasis Literasi Sains Pada Materi Gelombang Bunyi. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Simanjuntak, E. B., Aulia, S. M., & Simamora, K. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Tema 7 Subtema 2 Di Kelas Iv Sd N 101767 Tembung. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 9(4), 336-345. doi: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v9i4.16156
Siregar, F. S., Siregar, A., & Tarigan, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Kooperatif-Stad Pada Mata Kuliah Penjas SD Untuk Mahasiswa Pgsd Fip Unimed. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(4), 344-351. doi : https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i4.32681
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2017). Implementasi pembelajaran tematik kelas 1 SD. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 129-136. Di unduh di http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1799, 25 Maret 2023
DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.45003
Article Metrics
Abstract view : 235 timesPDF - 437 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nurmayani Nurmayani Nurmayani, Maria Magdalena Marpaung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official