Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pembina Tanjung Morawa

Suri Handayani Damanik, Cristina Limbong

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah 1) untuk mengetahui bagaimana rancangan dalam pembelajaran sains; 2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran sains yang dilakukan   guru; di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dalam pembelajaran sains telah sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang seharusnya yaitu perencanaan yang berlandaskan kurikulum 2013, dengan adanya (1) identitas program, (2) materi, (3) alat dan bahan, (4) kegiatan pembukaan, (5) kegiatan inti, (6) kegiatan penutup, dan (7) rencana penilaian. Demikian pula dengan hasil pelaksanaan pembelajaran sains yang diterapkan, tahap-tahap pelaksanaan pembelajaran sains anak usia dini di TK Negeri  Pembina Tanjung Morawa  sudah terlaksana dengan baik,  terlihat pada hasil yang ditemukan pada kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan rancangan yang dibuat, sesuai dengan pedoman, ditemukan bahwa pelaksanaan dilakukan dengan berdasakan; Sebelum Kegiatan Pembelajaran, Saat Kegiatan Pembukaan/Kegiatan Sebelum Pembelajaran, Saat Kegiatan Inti/Saat Kegiatan Pembelajaran, Kegiatan Istirahat dan Waktu Makan Minum, dan Kegiatan Penutup. Pada pelaksanaanya juga guru menerapkan pembelajaran sains dalam: 1) pengamatan (observing), 2) membandingkan (comparing), 3) mengklasifikasikan (classifying), 4) mengukur (meansuring), dan 5) mengkomunikasikan (communicating) yang sudah diterapkan dalam pembelajaran sains anak usia dini


Full Text:

PDF

References


Ajeng, S.R., Dkk (2020). Pembelajaran Sains Dan Matematika Anak Usia Dini. Gresik Jawa Timur. Caremedia Communication.

Fatonah, S., & Prasetyo, Z. K. (2014). Pembelajaran Sains. Yogyakarta. Penerbit Ombak.

Izzuddin, A. (2019). Sains Dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. Bintang, 1(3), 353-365. doi: https://doi.org/10.36088/bintang.v1i3.714

Kementerian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76. PERMEN Kemendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran Paud.Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Nugraha, dkk. (2015). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Nurika, W. (2018). Analisis Pembelajaran Sains Dengan Pendekatan Saintifik Berdasarkan Kualifikasi Guru Tk Di Kecamatan Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED. url: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34987.

Prasetyo, S. (2016). Implementasi Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea). Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(1), 58-66 doi:http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(1).48-57

Saepudin, A. S. A. (2011). Pembelajaran Sains Pada Program Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 15(2), 213-226. doi: https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.103

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, R. (2013). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Pendekatan Inkuiri. Jurnal Ilmiah Visi, 8(1), 31–37. doi: https://doi.org/10.21009/JIV.0801.5

Usia, D. P. (2015). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal

Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Utami, S. P. (2019). pembelajaran sains untuk anak usia dini. UPI Sumedang Press. Ponorogo. CV. Nata Karya

Yuandana, Y Dkk. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Sains Di Masa New Normal A. JMECE: Journal of Modern Early Childhood Education, 1(1), 1–10. url: http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/346




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.45335

Article Metrics

Abstract view : 133 times
PDF - 174 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Cristina Cristina Limbong

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official