Strategi Infusi Dalam Pembelajaran Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat

Aghni Ihtiara, Chindy Wulandari, Dhia Eka Nur Fitriyah, M Roudhotul Hishom, Mohammad Kholil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi infusi dalam pembelajaran matematika dalam materi bilangan bulat yang dapat diterapkan guru untuk membantu siswa memahami konsep matematika dengan cara yang lebih bermakna dan relevan dalam kehidupan mereka sehari-hari dengan mengintegrasikan ayat-ayat yang terkandung dalam Al-Qur’an. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau Research Library. Penelitian kepustakaan menggunakan bahan pustaka sebagai bahan kegiatan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari informasi tentang objek dan variabel seperti catatan, buku, artikel dan majalah. Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk menarik kesimpulan yang akurat dan valid. Hasil penelitian ini didapati beberapa pembahasan mengenai strategi infusi dalam perspektif Islam itu jika diterapkan dalam pembelajaran matematika materi operasi bilangan bulat. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pengintegrasian nilai-nilai Islam dalam proses pembelajaran matematika melalui strategi infusi tersebut untuk menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an pada kehidupan sehari-hari melalui materi bilangan bulat. Strategi infusi sendiri artinya pendekatan yang digunakan untuk memasukkan nilai-nilai Islam ke dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. Terutama untuk mata pelajaran matematika materi bilangan bulat yang akan terasa lebih mudah diterapkan jika sebagai seorang guru terus berusaha menanamkan nilai-nilai ajaran agama Islam dalam pembelajaran di kelas.


Full Text:

PDF

References


Abdussakir. (2017). Strategi Internalisasi Nilai Budaya Dalam Pembelajaran Matematika. PROCEDIAMATH. 1(1), 103-118. url: https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/semnasmat/article/view/2767/1574

Alizamar. (2015). Pengembangan Karakter-Cerdas Mahasiswa melalui Infusi dalam Pembelajaran. Skripsi: UNP. http://repository.unp.ac.id/21509/

Anitah, S. (2014). Strategi Pembelajaran Ekonomi dan Koperasi. In Strategi Pembelajaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Firdaus, A. I. (2018). Integrasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Matematika Materi Peluang. 46, 1–9. doi: https://doi.org/10.31219/osf.io/j8yrm

Firdaus, F., & Ritonga, H. (2022). Educational Values of Learning Mathematics from an Islamic Perspective: Studying Integer Operation Learning Materials. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 72–79. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9780

Fitriah, N., Muchyidin, A., & Sahrodi, J. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Matematika Berintegrasi Keislaman Dalam Meningkatkan Karakter Demokrasi Siswa. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 4(2), 88-104. https://doi.org/10.24235/eduma.v4i2.34

Fitriyani, D., & Kania, N. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 346–352.

https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/49

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90-100. doi: https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56

Huda, M. (2017). Mengenal Matematika dalam Perspektif Islam. Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2(2), 183–199. https://core.ac.uk/download/pdf/230670424.pdf

Kholil, M. (2018). Matematika Akhlak: Internalisasi Sikap-Sikap Terpuji (Akhlak Mahmudah) Dalam Sistem Bilangan Melalui Strategi Analogi. LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 50–64. http://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/Laplace/article/view/151

Maarif, S. (2015). Integrasi Matematika Dan Islam Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 4(2), 223-231. doi: https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.85

Nihayati. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Islam dengan Materi Himpunan (Kajian Terhadap Ayat-Ayat Alquran). Jurnal Edumath, 3(1), 67-74. https://www.ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/285/175

Noverita, A., Darliana, E., & Darsih, T. K. (2022). Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Meningkatkan Ecoliteracy Siswa. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS Dan Bahasa Inggris, 4(1), 51-560. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/248/249

Nurhartanto, A. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan akhlak dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran ayat 159-160. Jurnal Studi Islam Profetika, 16(2), 159–161. https://journals.ums.ac.id/index.php/profetika/article/view/1851/1300

Nurjanah, M. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyyah. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 13(2), 38–45. doi: https://doi.org/10.47435/al-qalam.v13i2.741

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10.doi: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Salafudin, S. (2015). Pembelajaran Matematika Yang Bermuatan Nilai Islam. Jurnal Penelitian, 12(2), 223. doi: https://doi.org/10.28918/jupe.v12i2.651

Syamsuar, S., Sulasteri, S., Suharti, & Nur, F. (2021). Bahan ajar matematika terintegrasi Islam untuk meningkatkan religiusitas dan hasil belajar siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 13–20. doi: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i1.10827

Yanala, N. C., Uno, H. B., & Kaluku, A. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Operasi Bilangan Bulat di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 50–58. doi: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10993

Yusri, Y. (2017). Strategi Pembelajaran Andragogi. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 12(1), 25-35. doi: https://doi.org/10.24014/af.v12i1.3861

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Nasional Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.45446

Article Metrics

Abstract view : 181 times
PDF - 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 aghni ihtiara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official