Analisis Kesulitan Guru dalam Penerapan Aplikasi Youtube Pada Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar

Sorta Simanjuntak, Vania Valletta Priono, Masta Marselina Sembiring, Dila Handayani

Abstract


Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam penerapan aplikasi youtube pada kegiatan belajar mengajar di SD. ST. Antonius VI – Medan T.A 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah para guru SD. ST. Antonius VI – Medan yang berjumlah 19 orang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru mengalami berbagai kesulitan saat menerapkan aplikasi youtube pada kegiatan belajar mengajar yaitu kurangnya pengetahuan guru dalam memahami berbagai fitur dalam aplikasi youtube seperti mengunduh, mengunggah dan mengedit video. Guru juga kurang mengenal beberapa fitur youtube seperti berlangganan dan siaran langsung karena fitur-fitur tersebut kurang digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Selain itu, dalam pemanfaatan video dari youtube, guru merasa kesulitan dalam menyesuaikan konten video dengan materi pembelajaran, akses internet yang belum merata di seluruh ruangan kelas dan sikap siswa dalam menerima pembelajaran saat penerapan aplikasi youtube menjadi salah satu kesulitan yang dihadapi guru karena tidak semua siswa dapat memperhatikannya dengan baik. Oleh karena itu, diperlukannya kemampuan guru dalam mengontrol kelas dengan baik agar tercapainya pembelajaran yang efektif.


Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In Nucl. Phys. (Cetakan 1, Vol. 13, Issue 1). Makassar: Syakir Media Press.

Bahtiyar, H. A., Putri, M. N., Faida, F., Kamila, F., & Fauyan, M. (2021). Efektivitas Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Daring MI / SD Pendidikan Menurut Undang-Undang Nomor 20. Prosiding SEMAI (Seminar Nasional) PGMI 2021. Pekalongan 27 Oktober 2021. doi: https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai/article/view/383, 22 Maret 2023.

Baihaqi, A., Mufarroha, A., & Imani, A. I. T. (2020). Youtube sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif di SMK Nurul Yaqin Sampang. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 07(01), 74–88. doi: http://journal.stainim.ac.id/index.php/edusiana, 22 Maret 2023

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. doi: https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02

Fathurrohman, M. & S. (2012). Belajar & Pembelajaran : Meningkatkan Mutu Pembelajaran sesuai Standar Nasional (Cetakan I). Yogyakarta: Teras.

Hamid, A. (2017). Guru Professional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(32), 274–275. doi: http://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/26

Hamidah, F. N., Yanuarmawan, D., & Sukya, F. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Youtube untuk Meningkatkan Kualitas dan Kreativitas Guru Bahasa Inggris SMK. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2), 365–374. doi: https://doi.org/10.29407/ja.v4i2.15216

Hasanah, R. (2020). Pengaruh Manajemen Sarana dan Prasarana terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di TK Al-Fadlillah Maguwoharjo Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 115–122. doi: https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-03

Lestari, F. M., & Bahrozi, I. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Berbasis Youtube dalam Pembelajaran Tematik Kelas 2 di Masa Pandemi Covid-19. PEDIR : Journal Elmentary Education, 1(1), 11–22. doi: http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Pedirjournalelementaryeducation/article/view/2, 22 Maret 2023.

Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19.Serang: Media Karya.

Manalu, E. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Strategi Belajar Mengajar Pada Mahasiswa Pgsd Fip Unimed. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 8(2), 134–149. doi: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v8i2.8163

Mestika, Z. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Bogor Indonesia.

Rahayu, A. D., & Haq, M. S. (2021). Sarana dan Prasarana Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(01), 186–199. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38623, 22 Maret 2023.

Ramadhina, D., & Rohman, I. (2022). Problematika Guru dalam Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 117–123. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45598

Silmi, T. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Media Streaming Youtube dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI di Kelas XI IPA 2 SMAN MT Bojonegoro. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. doi: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45782, 22 Maret 2023.

Sukmadinata, N. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Cetakan keduabelas). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, R. (2017). Supervisi Klinis Kepala Sekolah Dan Peningkatan Profesionalisme Guru. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 8(2), 96–112. doi: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v8i2.8166

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2016). Buku Tugas Guru Dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wigati, S., Rahmawati, D. S., & Widodo, S. A. (2014). Pengembangan Youtube Pembelajaran Berbasis Ki Hadjar Dewantara untuk Materi Integral di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia. Yogyakarta 09 Desember 2017. doi: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2422, 22 Maret 2023.

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. doi: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.45478

Article Metrics

Abstract view : 184 times
PDF - 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Vania Valletta Priono, Sorta Simanjuntak, Sorta Simanjuntak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official