Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Sebagai Stimulus Positif Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap hasil belajar IPS siswa pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 2 Perubahan Lingkungan Pembelajaran 3 dan 4 Kelas V SD Negeri 106857 Ampera, Desa Pematang Terang, Kecamatan Tanjung Beringin T. A 2022/2023.Penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Postest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas V SD Negeri 106857 Ampera yang berjumlah 19 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 19 orang. Instrumen dalam penelitian ini berupa dokumentasi dan tes hasil belajar Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3 dan 4 sebanyak 20 soal pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan dan . Dari data tersebut dapat diketahui bahwa , yaitu . Hal ini berarti Ha diterima maka terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 106857 Ampera, Desa Pematang Terang, Kecamatan Tanjung Beringin T.A 2022/2023.
Full Text:
PDFReferences
Adittia, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 9-20. Doi : https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i1.5227
Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247-264. Doi: https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/download/82/64
Handayani, L. N. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tipe Token Terhadap Aktifitas Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD. Lampuhyang, 9(2), 1-15. Doi: https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v9i2.166
Hilmi, Z. M. (2017). Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164-172. Di unduh di https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/download/198/189
Irawan, B. D., dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(3), 211-215. Doi : https://doi.org/10.26858/jkp.v4i3.14912
Kewa, M & Dady, P. F. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar PPKn Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 357-366. Doi: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/703
Khairunisa, Nasution, Y & Sitohang, R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Lingkungan Hidup Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPS Sekolah Dasar. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 12(3), 205-213. Doi : https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v12i3.40748
Lukman. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Peningkatan Motivasi, Partisipasi Belajar Siswa Serta Kreativitas Di SMA Negeri 1 Wanasaba Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Rinjani, 7(1), 168-183. Di unduh https://jurnal.ugr.ac.id/index.php/jir/article/download/211/166
Mailani, E, dkk. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skills Pada Mahasiswa Prodi PGSD FIP Unimed. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 7(4), 434-443. Doi: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8094
Mukmiman, M & Surahman, E. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggungjawab Sosial Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1-13. Doi: http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi
Musdalifah & Fitrianingsih, R. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Pembuatan STRAPLESS Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Jambu. Fashion and Fashion Education Journal, 4(1), 1-6. Doi: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ffe/article/view/7793
Ni’Mah, F. H. (2018). Pengaruh Time Token Terhadap Hasil Belajar IPS dan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3447-3457. Di unduh di https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/download/13917/13516
Paksi, R. G. (2022). Time Token Arends: Sebuah Strategi Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di Kelas. Edu Cendikia; Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 345-352. Di unduh di https://jurnal.itscience.org/index.php/educendikia/article/download/1657/1215
Ratri, Y. S. (2022). Digital Storytelling Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pena Karakter, 1(1), 1-8. Di unduh di https://e-journal.hikmahuniversity.ac.id/index.php/jpk/article/view/2
Silaban, J. P, dkk. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(5), 4076-4084. Doi : https://jbasic.org/index.php/basicedu
Simbolon, N & Annisa, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajran Interaktif IPA Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi Gaya di Kelas IV SD Negeri 101776 Sampali. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 8 (2), 217-229. Doi: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.10199
Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi MInat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 1(2), 14-19. Di unduh di https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=DekxpEwAAAAJ&citation_for_view=DekxpEwAAAAJ:Se3iqnhoufwC
Son, S. S. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 284-291. Doi: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p284-291
Sutiarso, S & Rahmawati, I. N. (2019). Pembelajaran Kooperatif Sebagai Model Efektif Untuk Mengembangkan Interaksi Dan Komunikasi Antara Guru dan Peserta Didik. Jurnal Eksponen, 9(2), 10-19. Doi: https://dx.doi.org/10.47637/eksponen.v9i2.55
Tarigan, D, Siregar, A & Fajar, S. S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Kooperatif STAD Pada Mata Kuliah Penjas SD Untuk Mahasiswa PGSD FIP Unimed. Jurnal Kajian Pendidikan dan Sekolah Dasar, 11(4), 344-351. Doi: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i4.32681
DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.46042
Article Metrics
Abstract view : 163 timesPDF - 163 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Husna Parluhutan Tambunan, Friska Natalia Samosir, Yusra Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official