Bahan Ajar Flipbook Interaktif Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar flipbook interaktif berbasis problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 langkah penelitian yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 053996 Pelawi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara guru, angket validasi materi dan validasi desain, angket praktisi pendidikan (guru), dan soal tes. Berdasarkan uji keefektifan bahan ajar flipbook interaktif berbasis problem based learning yang dikembangkan, nilai siswa meningkat dari awal sebelum menggunakan bahan ajar flipbook interaktif berbasis problem based learning siswa mendapat nilai rata-rata 55,20 meningkat menjadi 84. Dari penelitian dan data yang ditemukan menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar flipbook interaktif berbasis problem based learning ini sudah sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal of Natural Science and Integration, 2(2), 192–202. Doi: https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151
Aprilia, T., Sunardi, & Djono. (2017). Penggunaan Media Sains Flipbook dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 15(2), 74–82.
Doi: https://doi.org/10.20961/teknodika.v15i2.34749
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. Doi:https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam : Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2).
Doi: https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819
Fathurrohma, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz media.
Hamdayama, J. (2018). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hidayat, R., Dyah M, V., & Ulya, H. (2019). Kompetensi Kepala Sekolah Abad 21: Sebuah Tinjauan Teoretis. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 4(1), 61–68. https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp/article/view/394
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemendikbud. (2018). Pengantar Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Depdiknas.
Khairinal, K., Suratno, S., & Aftiani, R. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470. Doi: https://doi.org/10.38035/jpmpis.v2i1
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Martiyana, D. R., Novita, L., & Purnamasari, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Manfaat Energi Kelas IV di Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 44–57. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974.
Doi: https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rahmawati, D., WahyunI, S., & Yushardi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Materi Gerak Benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326–332.
Doi: https://doi.org/10.19184/jpf.v6i4.6213
Ratu, P. P., & Ahmad, S. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hail Belajar Penaksiran Hasil Operasi Hitung Bilangan Di Kelas IV SD. Journal of Basic Education Stusies, 4(1), 384–394. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/2849
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Model Pengembangan ADDIE & R2D2. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Susanti, M. G. L. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Flip PDF Professonal Pada Sistem Koordinasi Kelas XI. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Yuberti. (2014). Teori pembelajaran dan pengembangan bahan ajar dalam pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.
Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi, 13, 39–49. Doi: https://doi.org/10.22219/dedikasi.v13i0.3136
DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.46101
Article Metrics
Abstract view : 218 timesPDF - 283 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Eli Santia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official