Exploding Pop-Up Box Sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar

Gita Laurenza. S, Nurmayani Nurmayani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan efektifitas media pembelajaran exploding pop-up box. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Dissemination). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDS Tegal Sari. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu angket observasi, wawancara guru, angket validasi materi dan media, angket praktisi pendidikan, angket respon peserta didik dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas media Exploding Pop-Up Box dilihat dari aspek kelayakan dari ahli materi dengan skor 90,78% dan ahli media dengan skor 92,85% termasuk dalam kategori layak: 2) Kualitas Media Exploding Pop-Up Box dilihat dari segi kepraktisan dari angket praktisi oleh guru dengan skor 90,00% dan respon peserta didik dengan skor 94,81% termasuk dalam kategori praktis; 3) Kualitas media Exploding Pop-Up Box dilihat dari aspek keefektifan dari nilai peserta didik secara klasikal dengan skor 85,71% termasuk dalam kategori efektif. Berdasrakan hasil penelitian, pengembangan media exploding pop-up box layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. dkk. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Ananda, L. J., Mailani, E., & Dwijayanti, D. (2019). Development of three-dimensional visuals learning media using the scientific approach. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(5), 596–610. https://www.ijicc.net/images/vol5iss5/Part_2/55219_Ananda_2020_E_R.pdf

Anggraini, D., Rohana, & Ratih Ayu, I. (2023). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Pengamalan Sila-Sila Pancasila Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK). 5(9), 610–619. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12517

Barus, E. H., & Suwarjo. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Used Materials Pada Tema Metamorfosis Kelas IV SD. EduGlobal Jurnal Penelitian Pendidikan. 01, 432–448. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.2246/eduglobal.v1i4.1564

Frima, A., Aswarliansyah, & Wahyuni, R. O. (2022). Pengembangan Media Exploading Box Pop Up 3D Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Aren. Journal of Elemantary School (JOES), 5, 151–165. doi: https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.4460

Gunawan, & Ritonga, A. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Depok: Rajawali Press.

Hasan, M., Darodjat, dkk (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group .Klaten: Tahta Media Grup.

Ichsan, A., Setiya, Y, S., Delora J. A. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 Di SD Kelas Rendah. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 35. doi: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936

Islamy, C., & Suputra, I. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Explosion Box pada Mata Pelajaran Korespondensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(1), 1–15. doi: https://doi.org/10.26740/jpap.v10n1.p1-15

Kemendikbud. (2018). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Sutabaya.

Kusuma, M. I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Kubus Dan Balok Untuk Siswa SMP. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4, 1–8. doi: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30595/alphamath.v4i2.7361

Mailani, E., & Almi, F. P. (2020). Pengembangan Media Kayu Operasi Hitung Bilangan Bulat Dengan Pendekatan Saintifik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 10(1), 19. doi:

Munawarah, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Explosion Box Pada Mata Pelajaran Ips Kelas VII Di MTSN 1 Bondowoso Tahun Pelajaran 2021/2022. (Issue 8.5.2017). Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8375

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal BasicEdu. 5(5), 3928–3939. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. doi: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Siregar A, R. E. (2016). Model Pop Up Book Keluarga Untuk Mempercepat Kemampuan Membaca Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 5(1), 10–21. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.24036/6288-0934

Siregar, F., Siregar, A., & Tarigan, D. (2021). The Development of Cooperative-STAD Based Ebook Teaching Materials in Elementary School Courses for PGSD FIP UNIMED Students. doi: https://doi.org/10.4108/eai.31-8-2021.2313785

Sitoyo, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Jakarta: Literasi Media.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.46104

Article Metrics

Abstract view : 98 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Gita Laurenza. S

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official