Optimalisasi Pengenalan Huruf Melalui Metode Visumotor Pada Anak Tunagrahita Ringan di SDN Kota Kediri

Nisa Fitriani, Zulfa Ma’rifatul Ilma, Ayu Ridho Saraswati

Abstract


Layaknya peserta didik lainnya, peserta didik dengan tunagrahita ringan memiki hak untuk memperoleh ketrampilan dasar akademik yaitu mengenal huruf. Untuk mengoptimalkan ketrampilan tersebut maka peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh metode visumotor terhadap perkembangan pengenalan huruf pada anak tunagrahita ringan. Subjek penelitian ini adalah seorang peserta didik berusia 11 tahun yang termasuk klasifikasi tunagrahita. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi untuk memperoleh data.  Hasil penelitian disimpulkan bahwa metode visumotor cukup efektif dilakukan untuk mengenalkan huruf abjad pada anak berkebutuhan khusus dalam klasifikasi tunagrahita ringan, dengan perlu digarisbawahi, tidak semua tahapan pemberian metode visumotor yang tertera dalam penulisan penelitian ini efektif untuk diberikan khususnya pada anak tunagrahita yang memiliki gangguan mood dan gangguan fokus yang cukup serius.


Full Text:

PDF

References


Bara, F., & Bonneton-Botté, N. (2018). Learning Letters With the Whole Body: Visuomotor Versus Visual Teaching in Kindergarten. Perceptual and Motor Skills, 125(1), 190–207. doi: https://doi.org/10.1177/0031512517742284

Bromley, K. D. (1992). Language Arts: Exploring Connections. Allyn and Bacon.

DePorter, B., & Hernacki, M. (2007). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (S. Meutia, Ed.). Penerbit Kaifa.

Fauziyah, U. S., & Nugraheni, A. S. (2021). Mengenalkan Huruf Abjad Pada Anak Tuna Grahita Ringan Dengan Metode Pembelajaran Visuomotor. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 116–129. doi: https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14022

Fridaram, O., Elisabet, Istharini., Cicilia, P. G. C., Nuryani, A., & Wibowo, D. H. (2020). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Magistorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161–170. doi: https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p161-170

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. doi: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Nainggolan, I. N., & Kurniawan, A. (2016). The Effects of the Use of Series Card Media on Toilet Training Skill Toward Autism Children (Pengaruh Penggunaan Media Kartu Gambar Berseri Terhadap Ketrampilan Toilet Training Anak Autis). Jurnal P3LB, 3(2), 103–108. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um029v3i22016p103-108

Prasaja, & Harumi, P. (2020). Efektifitas Latihan Integrasi Visual Motorik terhadap Kemampuan Kesiapan Menulis Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan, 9(1), 37–43. doi: https://doi.org/10.37341/interest.v9i1.149

Puranik, C. S., Petscher, Y., & Lonigan, C. J. (2014). Learning to write letters: Examination of student and letter factors. Journal of Experimental Child Psychology, 128, 152–170. doi: https://doi.org/10.1016/j.jecp.2014.07.009

Riana, N., & Karyawati, L. (2019). Intervensi pada Anak Retardasi Mental Usia 7-8 Tahun dalam Perkembangan Kognitif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 143–152. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i2.2445

Sabrina, A., Usman, H., & Azzahra, S. F. (2022). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 1 SDIT Az-Zahra Cibitung). Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1). https://unu-ntb.e-journal.id/pacu

Santrock, J. W. (2011). Life-span Development (13th ed.). McGraw-Hill.

Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37–46. doi: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i2.745

Seefeldt, C., & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini : menyiapkan anak usia tiga, empat, dan lima tahun masuk sekolah. Indeks.

Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30. doi: https://dx.doi.org/10.17977/um031v1i12014p020

Sutjiato, Margareth., Kandou, G. D., & Tucunan, A. A. T. (2015). Hubungan Faktor Internal dan Eksternal dengan Tingkat Stress pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. JIKMU, 5(1), 30–42. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jikmu/article/view/7176




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.46205

Article Metrics

Abstract view : 133 times
PDF - 119 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nisa Fitriani, Zulfa Ma’rifatul Ilma, Ayu Ridho Saraswati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official