Tari Kreasi Nusantara dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di TK Budi Asih VII Kab. Majalengka
Abstract
Festival Kebhinekaan yang dilaksanakan di TK Budi Asih VII Kab. Majalengka, menjadi salah satu bentuk proyek penguatan profil belajar pancasila. Tujuan Penelitian ini ialah untuk mengetahui, memahami dan menerapkan tentang pendidikan karakter dan nilai-nilai kebangsaan, peran tari dalam pendidikan, kekayaan budaya Nusantara, serta pentingnya proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui tari kreasi Nusantara yang ditampilkan oleh anak PAUD di TK Budi Asih VII Kab. Majalengka melalui festival kebhinekaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis, dengan menggunakan teknik pengambilan data yaitu wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah anak PAUD di TK Budi Asih VII Kab. Majalengka medapatkan efektivitas penggunaan tari kreasi Nusantara sebagai alat untuk memperkuat profil pelajar dan pemahaman nilai-nilai Pancasila di tingkat pendidikan pra-sekolah. Penelitian ini juga dapat memberikan wawasan baru dalam pengembangan pendidikan karakter di Indonesia serta memberikan contoh praktik terbaik yang dapat diadopsi oleh lembaga pendidikan lainnya.
Full Text:
PDFReferences
Dewantara, J. A., Sulistyarini, Afandi, Warneri, Efiani, Yumiantika, & Juliansyah, N. (2023). Identitas Nasional: Kontribusi Program P5 dalam Kurikulum Baru Guna Membangun Rasa Nasionalisme di SMP Negeri 16 Pontianak. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 1–18. doi: https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4579
Gebrina, R. (2018). Bentuk Penyajian Tari Kreasi Ratoeh Jaroe di Payung Aceh Sanggar Budaya Nusantara (
Buana , Banda Aceh ). INVENSI, 3(2), 27–36. doi: https://doi.org/10.24821/invensi.v3i2.2418
Hazhari, A., & Arismaputri, L. (2020). Analisis Kegiatan Tari Kreasi Bungong Jeumpa terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(1), 17–28. doi: https://doi.org/10.54438/tulip.v9i1.162
Hidayati, N., Hidayati, D., Saputro, Z. H., & Lestari, T. (2023). Implementasi Pembelajaran Projek Sekolah Penggerak di Era Digital. Jurnal Of Education and Teaching (JET). 4(1), 69–82. doi: https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.200
Ita, E. (2022). Buku Ajar Manajemen PAUD. Bandung: Media Sains Indonesia.
Pratiwi, A. S., Respati, R., & Giyartini, R. (2020). Tari Egrang Batok di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 257–266. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/26195/12941
Sania, S. S., & Kasmahidayat, Y. (2023). Pembelajaran Seni Tari dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Kota Sukabumi. Jurnal Seni Tari dan Pendidikan Seni Tari, 3(1), 68–78. https://ejournal.upi.edu/index.php/RINK_TARI_UPI/article/view/55637
Saputri, L. H., Cahyono, A., & Lestari, W. (2020). Pembelajaran Mencipta Tari Kreasi Dengan Metode Saposasi
Di SMA Negeri 1 Bergas. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 1, 769–775. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/666
Sudibya, I. G. N., Arshiniwati, N. M., & Sustiawati, N. L. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Penciptaan Karya Seni Tari Gulma Penida Pada Kurikulum Merdeka. Geter: Jurnal Seni Drama Tari Dan Musik, 5(2), 25–38. https://journal.unesa.ac.id/index.php/geter/article/view/19549
Surdayati, S., & Boiman. (2022). Seni Budaya untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Widiyono, A. (2022). Implementasi Karakter Cinta Tanah Air Melalui Menggambar Motif Batik di Sekolah Dasar. Jurnal Satya Widya, 38(1), 68–76. https://ejournal.uksw.edu/satyawida/article/view/6431
Widyatama, P. R., & Suhari. (2023). Penanaman Nilai Karakter Cinta Tanah Air Pada Siswa Di SMP PGRI 1 Buduran Pandu. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (EMBISS), 3(2), 174–187. https://embis.com/index.php/embiss/article/view/213
DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.46206
Article Metrics
Abstract view : 982 timesPDF - 826 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yunita Dwi Jayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official