Inovasi Media Pembelajaran Kartu Domino pada Pembelajaran Tema 7 Sub Tema 1 Sekolah Dasar

Robenhart Tamba, Putri Butar-Butar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan  kefektifan penggunaan media kartu domino pada pembelajaran tema 7 subtema 1 pembelajaran 6 untuk siswa kelas III SDN 091453 Marihat Raja. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) menggunakan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 091453 Marihat Raja dengan jumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner/angket dan tes. Hasil penelitian media yang dikembangkan menunjukkan: 1) Media pembelajaran kartu domino pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 6 dinyatakan sangat valid dengan skor 90% ahli angket materi, 90% ahli angket media, 88% ahli angket praktisi pendidikan, 88% ahli angket intrumen tes, 88% ahli materi, 88% ahli media dan 90% ahli tes, 2) Penilaian guru kelas III SDN 091453 Marihat Raja dinyatakan sangat praktis diterapkan dengan skor 92%, 3) Respon siswa mengerjakan pretest dan post-test saat uji coba lapangan penggunaan media pembelajaran kartu domino dinyatakan efektif dengan N-Gain Score 0,756 persentase 75,58%.


Full Text:

PDF

References


Baihaqi, M. (2018). Pengembangan Media Kartu Nusantara untuk Pembelajaran IPS Kelas IV SDN pada materi Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 47-58. Diunduh di https://ejournal.upi.edu/index.php/%20pedadidaktika/article/view/7353

Cholifah, A. M. (2020). Pengembangan Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD, 179-194. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. doi: https://dx.doi.org/10.31932/jpdp.v6i2.856

Dhea, S., dkk. (2022). Pengembangan Kartu Domino Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(2), 132-140. doi: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i2.7865

Hasan, M., dkk. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group: Klaten

Istyasiwi, M.E., dkk. (2021). Pengembangan Media Digital Kartu Domino Rantai Makanan (Dorama) Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 254-263. doi: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1115

Karli, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Tematik SD di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1). doi: https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2752

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang: Surabaya.

Mumpuni, A., & Agus, S. (2020). Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Kosakata bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 29(1), 88-101. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um009v29i12020p088

N.L.G. Wiratni, dkk. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino Pada Pembelajaran IPA Dengan Topik Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku Untuk Siswa Kelas IV SD, 11(2), 120-134. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia. Diunduh di https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/630/384

Nizamuddin, dkk. (2021). Metodologi Penelitian; Kajian Teoritis Dan Praktis Bagi Mahasiswa. Riau: DOTPLUS Publisher.

Nurhamidin, F. (2018). Penggunaan Media Kartu Domino untuk Penguatan Kemampuan Faktual Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(4). doi: https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.630

Nurmayani, dkk. (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Kartu

Domino Minus dan Plus Berbasis IT Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita, 6(2), 2549-1288. doi : https://doi.org/10.24114/jgk.v6i2.33435

Pratiwi, R. K., & Arif, W. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik Pada Kelas Awal di Sekolah Dasar. Joyful Learning Journal, 6(4), 277-283. doi: https://doi.org/10.15294/JLJ.V6I4.15656

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Prenadamedia Group: Jakarta.

Rahman, M. T. (2019). Penggunaan Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Mengenal Simbol Dan Makna Pancasila Pada Tema Cita-Citaku Di Kelas IV SDN Babatan 1456 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 (5), 3-5. Diakses dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnalpenelitianpgsd/article/view/29093

Rusmayana, T. (2021). Model Pembelajaran ADDIE Integrasi Pedati Di SMK PGRI Karisma Bangsa Sebagai Pengganti Praktek Kerja Lapangan Dimasa Pandemi Covid-19. Widina Bhakti Persada: Bandung.

Salim & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta. Kencana

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Susilana, R., & Cepi, R. (2017). Media Pembelajaran. Wacana Prima : Bandung.

Wena, M. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i2.46321

Article Metrics

Abstract view : 126 times
PDF - 308 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Robenhart Tamba, Putri Butar-Butar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official