Analisis Miskonsepsi Menggunakan Certainty of Response Index Pada Materi Suhu dan Kalor Tema 6

Anida Fauziah, Lala Jelita Ananda

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan efektifitas LKPD menggunakan anyflip. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 langkah penelitian yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 060836 Danau Singkarak. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara guru, angket validasi materi dan media, angket praktisi pendidikan (guru), dan soal tes. Berdasarkan uji keefektifan LKPD menggunakan anyflip yang dikembangkan, nilai siswa meningkat dari awal sebelum menggunakan LKPD berbasis anyflip siswa mendapat nilai rata-rata 53,25 meningkat menjadi 81,81. Dari penelitian dan data yang ditemukan menunjukkan bahwa pengembangan elektronik lembar kerja peserta didik menggunakan anyflip ini sudah sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Damanik, S. H., & Cristina, L. (2023). Analisis Pelaksanaan Pembelajran Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pembina Tanjung Morawa. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 9(1), 38-45. Doi: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.45335

Desstya, A., dkk. (2021). Miskonsepsi dan Penanaman Karakter Dalam Pembelajaran. Jombang: Kun Fayakun.

Dewi & Ibrahim. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Uniga, 13(01), 130-136. Di unduh di https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/823

Dwi, I. V., Rahayu, Y., & Erman. (2013). Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Fotosintesis. Jurnal Pendidikan Sains, 01(02), 21–29. Di unduh di https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/2212

Haris, V. (2013). Identifikasi Miskonsepsi Materi Mekanika Dengan Menggunakan Cri (Certainty of Response Index). Ta’dib, 16 (1), 77–86. Doi: http://dx.doi.org/10.31958/jt.v16i1.240

Kusmaryono, I., dkk. (2019). Miskonsepsi Pembelajaran Matematika di SD dan Solusinya. Semarang: Unissula Press.

Kusumawati, Naniek. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Kertosari I Kabupaten Madiun. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 11-18. Doi: https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i2.31

Malikha, Zaidatul & Faisal Muhammad Amir. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V-B Min Buduran Sidoarjo Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Mathematics Education Journal, 1(2), 75-8. Doi: https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2329

Moleong Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Mustaqim, T. A., Zulfiani, & Herlanti, Y. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Metode Certainty of Response Index (CRI) pada Konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan. Edusains, 6(2), 146–152. Doi: https://doi.org/10.15408/es.v6i2.1117

Manurung, Imelda Free Unita. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Three Tier Test Melalui Penerapan Model Pembelajaran Sinektik. Jurnal Handayani, 8(1), 75-83. Doi: https://doi.org/10.24114/jh.v8i1.10573

Salirawati Das,. (2011). Pengembangan Instrumen Pendeteksi Miskonsepsi Kesetimbangan Kimia pada Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 15(2), 232-249. Doi: https://doi.org/10.21831/pep.v15i2.1095

Setyadi & Komalasari. (2012). Miskonsepsi Tentang Suhu Dan Kalor Pada Siswa Kelas 1 di SMA Muhammadiyah Purworejo Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya, 4(1&2), 46-49. Di unduh di http://journal.uad.ac.id/index.php/BFI/article/view/240

Suparno, Paul. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.

Ulfah, S., & Fitriyani, H. (2017). Certainty of Response Index (CRI): Miskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Pecahan. Prosiding Universitas Muhammadiyah Semarang, 341–349. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/3077

Wahyuni, T. N., Yusmin, E., & Suratman, D. (2016). Miskonsepsi Siswa Pada Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Akar di Kelas X SMKN 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(11), 1-16. Di unduh di https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17427

Wedyawati, Nelly & Lisa, Yesinta. (2019). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.Yogyakarta: CV. Budi Utama.




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i2.46350

Article Metrics

Abstract view : 48 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anida Fauziah, Lala Jelita Ananda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official