Optimalisasi Canva dalam Pembuatan LKPD Berorientasi Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar
Abstract
Penyebab rendahnya nilai siswa SDN 064958 Medan Area yaitu guru sering sekali menggunakan metode ceramah dan jarang menggunakan perangkat pembelajaran. Salah satu perangkat pembelajaran dan pendekatan yang dapat diajarkan yaitu LKPD yang berorientasi pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui hasil uji kelayakan pada LKPD Berorientasi Pendekatan Kontekstual Berbantuan Aplikasi Canva Tema 6 Subtema 1. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian R&D dengan menggunakan model ADDDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest. Subjek penelitian ini yaitu 18 siswa kelas IV SDN 064958 Medan Area. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan melakukan observasi awal, wawancara, pretest dan posttest, penilaian guru, dan respon siswa. Hasil penelitian ini adalah 95% hasil uji validasi ahli materi dengan kategori sangat layak, 96,67% hasil uji validasi ahli desain dengan kategori sangat layak, dan 93,33% hasil dari uji praktikalitas. Keefektifan LKPD berdasarkan dari meningkatnya hasil belajar yang dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest dibandingkan nilai rata-rata pretest. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dengan menggunakan LKPD berorientasi pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi Canva dengan hanya menggunakan LKPD dengan mengambil soal-soal yang ada di buku tematik 6 subtema 1 di kelas IV SDN 064958 Medan Area.
Full Text:
PDFReferences
Aritha, K. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Melalui Penerapan Model PembelajaranQuestioning di SMP Negeri 2 Hinai Kab.Langkat. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 8(2),81-95. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v8i2.8161
Barokati, N., & Annas, F. (2013). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer (Studi Kasus: UNISDA LAMONGAN. Sisfo, 4(5), 352-359. https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2013.09.006
Dewi, N. P. L. K., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2011). Perangkat Pembelajaran Pendekatan STEAM-PJBL pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 222. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36725
Ermi, N. (2017). Penggunaan Media Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMAN 15 Pekanbaru Penggunaan Media Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMAN 15 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan, 8(1), 37-45. doi: http://dx.doi.org/10.31258/jp.8.1.37-45
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&d dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian, 4(2), 129-150. Di unduh di https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/1204
Kadir, A. (2015). Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 70-81. doi: https://core.ac.uk/download/pdf/231137378.pdf
Kamal, A. (2019). Research and Development (R&D) Tadribat / Drill Madrasah Aliyah Class X Teaching Materials Arabic Language Research and Development (R&D) Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Tadribat/Drill Madrasah Aliyah Kelas X. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 4(1), 10-18. Di unduh di http://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/863
Manalu, E. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Strategi Belajar mengajar pada Mahasiswa PGSD FIP Unimed. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 8(2), 134-149. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v8i2.8163
Rahmatullah, dkk. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327. doi: https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.47626
Relia, L. (2016). Keterkaitan antara Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Model Pembelajaran Kreatif, Inovatif, dan Produktif (KIP). Keterkaitan antara Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika, 97-103. Di unduh di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21435
Rizki, D. A. A. (2021). Pengembangan LKPD Online Berbasis Kontekstual untuk Kelas III SDN 9 Mataram. Renjana Pendidikan Dasar, 1(4), 312-332. Di unduh di https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/181
Silvia, T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Garis dan Sudut. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 1(2), 38-45. doi: https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i2.38-45
Simarmata, E.J. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual (CTL) di Kelas V SDN 060959 Belawan. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 7(3), 357-365. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i3.8171
Sirodj, R. S., dkk. (2021). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran menggunakan Aplikasi Canva Guru Sekolah Dasar di Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1(2), 72-80. doi: https://doi.org/10.51214/japamul.v1i2.136
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian dan Pengembangan (research and Development/ R & D). Bandung: Alfabeta
Sundayana. R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sanjaya. W. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Bandung: Prenadamedia Group
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Pakem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Syafitri, I. R., dkk. (2021). Pengembangan Perangkat Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP/MTs. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(2),181. https://doi.org/10.24014/juring.v4i2.13310
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan Addie Model. Jurnal IKA, 11(1), 12-26. doi: https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217-225. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473
Yulinar, dkk. (2017). Pengembangan LKPD Berbasiss Tematik Tema Merawat Hewan dan Tumbuhan Siswa Kelas II SD. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(8). Di unduh di http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/14167/10390
DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.46355
Article Metrics
Abstract view : 211 timesPDF - 415 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Taskya Vira Syahputri, Lala Jelita Ananda, Dody F. Pandimun Ambarita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official