Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Flascard sebagai Stimulus Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar

Arifin Siregar, Rivaldo Lumbanraja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Flshcard terhadap hasil belajar IPS siswa pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 2 Perubahan Lingkungan Pembelajaran 3 dan 4 Kelas V SD Negeri 2 Harian, Desa Harian, Kecamatan Onanrunggu Kabupaten Samosir T. A 2022/2023.Penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Postest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas V SD Negeri 2 Harian yang berjumlah 15 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 15 orang. Instrument dalam penelitian ini berupa dokumentasi dan tes hasil belajar Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3 dan 4 sebanyak 20 soal pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan   dan 5.Dari data tersebut dapat diketahui bahwa , yaitu . Hal ini berarti Ha diterima maka terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match Berbantuan Media Falshcard terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Harian, Desa Harian, Kecamatan Harian Kabupaten Samosir T.A 2022/2023.

Full Text:

PDF

References


Adittia, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 9-20. Doi: https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i1.5227

Agustika & Eka Lengari. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flash Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 65. Doi : https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25032

Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247-264. Doi : https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/download/82/64

Harefa, D (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak dan Perpindahan. Jurnal Kajian; Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1-18. Di unduh : https://core.ac.uk/download/pdf/327097093.pdf

Hikmah, S. N, dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan, 3(1), 13-17. Doi : https://doi.org/10.19109/bioilmi.v3i1.1335

Hilmi, Z. M. (2017). Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164-172. Di unduh di https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/download/198/189

Kewa, M & Dady, P. F. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar PPKn Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 357-366. Doi : https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/703

Khairunisa, Nasution, Y & Sitohang, R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Lingkungan Hidup Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPS Sekolah Dasar. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 12(3), 205-213. Doi : https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v12i3.40748

Lukman. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Peningkatan Motivasi, Partisipasi Belajar Siswa Serta Kreativitas Di SMA Negeri 1 Wanasaba Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Rinjani, 7(1), 168-183. Di unduh https://jurnal.ugr.ac.id/index.php/jir/article/download/211/166

Mailani, E, dkk. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skills Pada Mahasiswa Prodi PGSD FIP Unimed. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 7(4), 434-443. Doi : https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8094

Mukmiman, M & Surahman, E. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggungjawab Sosial Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1-13. Doi : http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi

Mulyani, S. (2017). Penggunaan Media Kartu (Flash Card) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Mutasi Bagi Peserta Didik Ke;as XII. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 143-148. Doi : https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/10786/7091

Musdalifah & Fitrianingsih, R. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Pembuatan STRAPLESS Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Jambu. Fashion and Fashion Education Journal, 4(1), 1-6. Doi: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ffe/article/view/7793

Ni’Mah, F. H. (2018). Pengaruh Time Token Terhadap Hasil Belajar IPS dan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3447-3457. Di unduh di https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/download/13917/13516

Saputri, W. S (2020). Pengenalan Flash Card Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris. Jurnal Abdi Karya, 2(1), 56-61. Doi : https://doi.org/10.47080/abdikarya.v2i1.1061

Simbolon N & Annisa, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajran Interaktif IPA Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi Gaya di Kelas IV SD Negeri 101776 Sampali. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 8(2), 217-229. Doi : https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.10199

Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi MInat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 1(2), 14-19. Di unduh di https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=DekxpEwAAAAJ&citation_for_view=DekxpEwAAAAJ:Se3iqnhoufwC

Sudin, A (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2051-2060. Di unduh di : https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/12421/7380

Sutiarso, Sugeng & Rahmawati, I. Nur. (2019). Pembelajaran Kooperatif Sebagai Model Efektif Untuk Mengembangkan Interaksi Dan Komunikasi Antara Guru dan Peserta Didik. Jurnal Eksponen, 9(2), 10-19. Doi : https://dx.doi.org/10.47637/eksponen.v9i2.55

Yanto, Ari & Febryanto, B. (2019). Penggunaan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108-116. Doi: https://journal.univedbantara.ac.id/index.php/komdik/




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i2.46833

Article Metrics

Abstract view : 98 times
PDF - 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arifin Siregar, Rivaldo Lumbanraja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official