Implementasi Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Peserta Didik

Risma Sitohang, Zeldia Suci, Yusra Nasution

Abstract


Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media visual terhadap kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik kelas V SDN 104181. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan penelitian control group pretest dan posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 104181 Sunggal Kanan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara guru, tes atau evaluasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis I di peroleh ttabel dengan taraf signifikan α = 0.05 dan dk = n−1 = 29 dari daftar distribusi-t diperoleh ttabel sebesar 5,488 dan thiung sebesar 1,699 yang berarti thitung > ttabel maka Ha diteriman dan H0 ditolak yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan media visual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Hipotesis II diperoleh taraf signifikan α = 0.05 maka dari tabel distribusi t di peroleh nilai t58 = 1,67. Karena thitung > ttabel  yaitu  10,83 > 1,67. Berdasarkan hasil dari analisis data dan uji statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Think Talk Write.


Full Text:

PDF

References


Amalia. 2013. Keefektifan Model Kooperatif Tipe Make A Match dan Model Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar. Jurnal Kreano, 4(2): 151-158. doi : 10.15294/KREANO.V4I2.3155

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asriningtyas, A, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM, 5(1): 23-32. doi: 10.26877/JIPMAT.V3I1.2226

Azhari. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA1 Pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri UNGGUL Sigli. Jurnal Biologi Edukasi, 7(2). doi: https://www.e-jurnal.com/2017/04/penerapan-model-pembelajaran-discovery_15.html

Ennis, R. 2011. The Nature of Critical Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities.doi: Microsoft Word - The Nature of Critical Thinking_51711.doc (illinois.edu)

Hartanto, S. 2019. Peningkatan Prestasi Belajar IPA melalui Penggunaan Model Jigsaw pada Siswa SMP. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(1). doi: https://doi.org/10.32585/jkp.v3i1.296

Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarata: Pustaka Pelajar.

Lestari, N., Ariani, N., Ashadi. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Student Teams Achievement Divisions (Stad) Dan Team Assisted Individualization (Tai) Dilengkapi Media Animasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas Xi Semester Ganjil Smk Sakti Gemolong Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (Jpk), 3 (1). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/3252

Primasari, R., Zulfiani, Yanti H. 2014. Penggunaan Media Pembelajaran di Madrasah aliyah Negeri Se-Jakarta Selatan. Edusains, 6(1): 2443-1281. doi: 10.15408/ES.V6I1.1101

Sanjaya, W. 2011. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana

Setiawati, D. 2011. Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi matematik Siswa Antara Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bireuen. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). doi: 10.24114/PARADIKMA.V6I1.1083

Siswanto, Wahyudi dan Ariani, Dewi. (2016). Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung: Reflika Aditama.

Siti, Z. (2018). Hubungan Antara Keterampilan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Biologi dengan Model Reading-Concept Map-Think Pair Share (Remape TPS). Science Education National Conference. Jurnal Pendidikan, 2(6). doi: 10.31102/wacanadidaktika.5.01.28-35

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiani, E., Masrukan. (2017). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016. 605-612. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21554

Thoifah, A. (2015). Statisika Pendidikan dan Metodologi Penelitian Kuantitatif. Malang: Anggota IKAPI.

Wijaya, C. (2010). Pendidikan Remedial: Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yazid, A. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Dengan Strategi TTW (ThinkTalk- Write) Pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Journal of Primary Education, 1(1): 31-37. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/52

Zainal, A. (2014). Model-Model, Media Dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Yogyakarta: Yrama Widya.

Zulkarnaini. (2011). Model Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. 2(1): 44-15. http://jurnal.upi.edu/file/15-Zulkarnaini-EDIT.pdf




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i2.46938

Article Metrics

Abstract view : 46 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Risma Sitohang, Zeldia Suci, Yusra Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official