Menjadi Guru Adaptif dengan Pendekatan C-NAR di Sekolah Dasar

Stelly Martha Lova, Faisal Faisal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Collaborative Nested Action Research (C-NAR) sebagai upaya menghasilkan guru adaptif di Sekolah Dasar (SD). Penelitin ini merupakan penelitian tindakan kelas berkelanjutan dengan pendekatan C-NAR. Dalam pelaksanaannya, selain guru melakukan perbaikan perkelanjutan dalam pembelajaran, dosen dan guru pamong melakukan perbaikan berkelanjutan dalam pembimbingan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dengan model alir mulai dari reduksi data, penyajian data, hingga pada penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan C-NAR mampu menghasilkan guru yang adaptif di sekolah dasar sesuai dengan tuntutan perkembangan revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Dengan demikian, pendekatan C-NAR layak dipertimbangkan sebagai pendekatan mutakhir dalam menghasilkan guru adaptif di SD.


Full Text:

PDF

References


Arifin, M. Z., & Setiawan, A. (2020). Strategi belajar dan mengajar guru pada abad 21. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2), 37-46.

https://journal.kurasinstitute.com/index.php/ijit/article/view/45

Aryani, D. I., Pandanwangi, A., Ida, R. T. M., & Pattipawaej, O. C. (2021). Pelatihan pembuatan materi pembelajaran digital adaptif guna meningkatkan kompetensi guru pada masa pandemi. Community Empowerment, 6(9), 1600-1608. doi: https://doi.org/10.31603/ce.5120

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2019). Model pengembangan media pembelajaran adaptif di sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33-46. doi:

http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v5i1.2356

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Faisal, F. (2021). C-NAR: Best Practice Tindakan Pembimbingan Berkelanjutan PPL PPG Prajabatan Universitas Negeri Medan. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 1-11.

Faisal, F., Ananda, L., Lova, S., & Purnomo, T. (2022, May). Collaborative Nested Action Research (C-NAR): Effective Approach Produces Reflective Teachers in Elementary School. In Proceedings of the 3rd International Conference of Science Education in Industrial Revolution 4.0, ICONSEIR 2021, December 21st, 2021, Medan, North Sumatra, Indonesia.

Fredy, F., & Day, W. O. S. H. (2022). Strategi Pengembangan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 30-40. doi: https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1312

Kharisma, N. V. E. (2019). Kriteria guru sekolah dasar ideal pada era generasi alfa. diakses dari nandaverunaenun. blogs. uny. ac. id/.../Kriteria-Guru-Sekolah-Dasar-8 Juli, 22.

Mailani, E., Lova, S. M., & Tambunan, H. P. (2019, August). Portrait of The Effectiveness of Authentic Assessment Based on High Order Thinking Skills (HOTS) in Elementary School of Medan. In 1st International Conference on Education Social Sciences and Humanities (ICESSHum 2019) (pp. 81-85). Atlantis Press.

Mansyur, A., & Firdaus, M. (2023, January). IMPRECI: Guiding Model Innovation Produces Reflective Teachers in Elementary Schools. In Unima International Conference on Social Sciences and Humanities (UNICSSH 2022) (pp. 455-464). Atlantis Press.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. doi: https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Rahayu, D. W. (2021). Analisis komponen TPACK guru SD sebagai kerangka kompetensi guru profesional di Abad 21. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5(4), 1918-1925. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1119

Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960-6966. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433

Suhendar, A. (2021). Guru Pendidik 4.0: Menjadi Guru Kreatif, Inovatif, dan Adaptif di Era Disruptif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Sutardi, D. (2017). Pengembangan Model Belajar Bermutu Yang Adaptif Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar Terpencil. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(2), 127-138. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um009v25i22016p127

Syaodih, E. (2022). Pendekatan Adaptif Guru di Masa New Normal untuk Meningkatkan Interaksi Pembelajaran Daring. Jurnal Soshum Insentif, 5(1), 21-27. doi: https://doi.org/10.36787/jsi.v5i1.719

Widayana, G. (2022). Peningkatan Kemampuan Kompetensi Guru Adaptif Melalui Program Keahlian Ganda Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 10(1), 48-54. doi: https://doi.org/10.23887/jptm.v10i1.44161




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.48202

Article Metrics

Abstract view : 102 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Stelly Martha Lova, Faisal Faisal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official