Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Pop Up Book Materi Penyajian Data Kelas IV

Eka Chlistia Jannah, Salviliyanngsih A, Putik Rustika

Abstract


Hasil belajar matematika peserta didik masih rendah. Terlihat dari siswa yang mengerjakan soal matematika yang berbeda dari contoh yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Pop Up Book menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) mata pelajaran Matematika materi penyajian data pada siswa kelas IV SD Negeri Sunyaragi 2. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. subjek penelitian adalah 18 siswa kelas IV-B SD Negeri Sunyaragi 2. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Indikator keberhasilan penelitian ini adalag berpikir kreatif meningkat dari siklus ke siklus berikutnya. Hasil tes formatif siklus I menunjukan bahwa 92,3% dan hasil tes formatif siklus II menunjukan 94%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Kesimpulannya adalah bahwa pemanfaatan Pop Up Book menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan penguasaan materi sub pokok bahasan penyajian data pada siswa kelas IV SD Negeri Sunyaragi 2 Cirebon Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Saran dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : perbanyak latihan agar siswa lebih mudah menguasai materi, perhatikan intensitas latihan mandiri agar siswa tidak mengalami kejenuhan, guru harus terampil dalam mengatasi kesulitan belajar siswa

Keywords: Learning Outcomes, Pop Up Book, Project Based Learning (PjBL), Data Presentation.


Full Text:

PDF

References


Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1). https://jurnal.unsyiah.ac.id/pear/article/view/10703

Asikin, M., Anwar, K. & Pujiadi. (2009). Cara Cepat & Cerdas Menguasai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru. Semarang: Manunggal Karso Semarang.

Eljas, A. B., & Zainil, M. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyajian Data Di Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 648-660. https://mail.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/6666

Faradilla, A., Zainil, M., & Sumiati, C. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Penyajian Data Menggunakan Model Project Based Learning (PJBL) di Kelas IV SD Negeri 20 Indarung Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3255-3267. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1380/1215

Kemdikbud. (2020). Asesmen Nasional: AKM, Survey Karakter dan Lingkungan Belajar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan.

Khalifudin, U. A., Prambudi, A., & Hidayah, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model DL Berbantuan Kartu Domino Materi Operasi Bilangan Pecahan Kelas VII. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 778-787). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29269

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu. Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yasinta, J. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Project Based Learning Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VII di SMP Tamansiswa Teluk Betung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/5688/1/SKRIPSI.pdf




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i2.48484

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF - 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eka Chlistia Jannah, Salviliyanngsih A, Putik Rustika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official