Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning Sebagai Stimulus Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning pada tema 6 subtema 3 kelas V SDN 106811 Bandar Setia serta menguji kelayakan, kepraktisan, dan keefektivan LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development), dengan model yang dipilih ialah model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Sampel dalam penelitian ini ialah 23 orang siswa kelas VB SDN 106811 Bandar Setia, validator ahli materi dan desain serta praktisi pendidikan. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, angket dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan ialah metode analisis deskriptif kualitatif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh setelah melaksanakan penelitian pengembangan ini ialah penilaian dari ahli materi dengan skor 94,7% dengan kategori “sangat layak”, validator ahli desain 96% dengan kategori “sangat layak” dan praktisi pendidikan 96% dengan kategori “sangat praktis”. Selanjutnya diperoleh peningkatan presentase ketuntasan belajar klasikal siswa. Dapat dilihat dari hasil pre test yang diperoleh ialah 30,4% siswa yang tuntas yang kemudian meningkat pada pelaksanaan post test, yaitu sebesar 91,3% siswa telah tuntas. Peningkatan yang cukup pesat membuktikan produk LKPD “sangat efektif” bagi kegiatan belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2018). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Al-Tabany, Trianto. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif). Jakarta: Kencana.
Anggraini, P. D. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 292-299. DOI:10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ating. F. C.,dkk. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis PJBL Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 200-210. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.3133
Dinasti, D., Sukmawarti. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Proyek Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Jurnal Edupedia, 6(1), 64-72. DOI: 10.24269/ed.v6i1.1353
Ebrahimi, S. F. & Syed, J. (2012). Factuality In Undergraduate Students Writing. International Journal of English and Education, 1(1), 137-144, Diakses dari https://www.semanticscholar.org/.
Elyasmad, dkk. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Kelas V SD Negeri 36 Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(4), 1012-1027. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i4.2333
Faisal & Stelly. M. (2018). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Medan: CV Harapan Cerdas.
Fithriyah, A., Nurul, A., Rahmat. R. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning Siswa Kelas IV Pada Subtema Hebatnya Cita-Citaku SDN Ujung IX Surabaya. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar, 1(2), 66-75. Diakses dari http://jurnal.mialazhar.sch.id/
Gulay, B. (2015). Project Based Learning from Elementary School to College, Tool: Architecture. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 770–775. Doi: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.130
Murfiah, U. (2017). Pembelajaran Terpadu: Teori Dan Praktik Terbaik Di Sekolah. Bandung: Refika Aditama.
Pawestri, E., dan Heri. M. Z. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II DI SD Muhammadiyah Danunegaran. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903-919.DOI: https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151
Sari, L., dkk. (2022). Validitas LKPD Berbasis Model Project Based Learning Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1358-1370. DOI:10.31949/jcp.v8i4.3215
Sari, Silvi,Y., dkk. (2020). Studi Hasil Bimbingan Teknis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad-21 dalam Rangka Penerapan Program Merdeka Belajar. Jurnal Eksakta Pendidikan. 4(2), 189-196, DOI:10.24036/jep/vol4-iss2/527
Rahayu, S., dkk. (2021). Pengembangan LKPD Elektronik Pembelajaran Tematik Berbasis High Order Thingking Skill (HOTS). Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 112-118. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v13i2.36284
Ririn, R., Bistari., Salimi A., Hamdani., & Ghasya, D. A. V. (2023). Pengembangan LKPD HOTS Bernuansa Kemandirian Belajar Pada Materi Perkalian dan Pembagian Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini., 5(1), 182-197. Diakses https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i1.2707
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Husaini dan Purnomo, S. A. (2017). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Yulianto, A., dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 2(2). 448-453. Diakses dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i2.49783
Article Metrics
Abstract view : 208 timesPDF - 318 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aquina Yobelta, Erlinda Simanungkalit, Masta Marselina Sembiring, Dila Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official