Kegiatan Pembelajaran Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kegiatan pembelajaran sains terhadap kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Al-Quran Dina Padang Sidempuan. Masalah penelitian ini adalah kurangnya kegiatan pembelajaran yang dapat menarik perhatian anak sehingga mengakibatkan perkembangan kognitif anak rendah. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Quran Dina Padang Sidempuan kecamatan Padang Sidempuan Selatan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksprimen dengan menggunakan desain pre-test dan post-test. Rangkaian penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kegiatan pembelajaran sains berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun dengan rata-rata skor pre-test 32,67 dan rata-rata post-test 61,3. Data uji normalitas pre-test 0,0329 dan post-test 0,0322 < tabel L (Liliefors) 0,161 hasil data pre-test dan post-test berdistribusi normal. Data uji homogenitas pre-test dan post-test 1,08 < tabel F (Fisher) 1,875 hasil data pre-test dan post-test berdistribusi homogenitas. Hasil uji T menunjukkan bahwa Thitung = 9,90 karena dk = 30-2=28, taraf signifikan 0,05 maka Ttabel = 1,70. Maka Thitung > Ttabel = 9,90 > 1,70. Dengan demikian bahwa kegiatan pembelajaran sains berdampak signifikan terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Al-Quran Dina Padang Sidempuan.
Full Text:
PDFReferences
Fardiah, Murnawan, S., & Dhieni, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obesesi: jurnal pendidikan anak usia dini, 4(1), 133-140.
doi: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/254/pdf
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta:Pustaka Ilmu
Hidayati, S & Saugi, W. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Kegiatan Mencampurkan Warna di TK Kehidupan Elfhaluy Tenggarong. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 2-3. doi: https://doi.org/10.24853/yby.4.1.23-37
Izzuddin, A. (2021). Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Sains. Jurnal Edukasi dan Sains, 3(3), 542-557. doi: https://doi.org/10.36088/edisi.v3i3.1614
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing
Malik.A (2018). Pengantar Statistika Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish
Mustika, Y., & Nurwidaningsih, L. Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini Terhadap Perkembangan Kognitif Anak di TK Kartika Siswi Pusdikpal Kota Cimahi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 94- 101. doi: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/12
Octaria, E. N., & Rachma , H. (2015). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Anak Kelompok B. Jurnal PAUD teratai, 4(2), 1-7. doi: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/11534.Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional PAUD
Rarasingtyas, F. D., & Khotimah, N. (2015). Pengaruh Pencampuaran Warna Terhadap Perkembangan Koginitif Pada Anak Kelompok B. Jurnal PAUD teratai, 4(3), 1-7. Doi: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud teratai/article/view/12698
Rahyana & Suryana, D. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169-1179.
doi: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1735
Safira, A. R., & Ifadah, A.S. (2020). Pembelajaran Sains dan Matematika Anak Usia Dini. Jawa Timur: Caramedia
Siyoto, S & Sodik, M.A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing
Winarti, E., Marlina, L., & Fahmi (2021). Pengaruh Penerapan Percobaan Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di RA Atto’ah Desa Sipatuhu Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 179-189. doi: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/11233/4546
DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i2.49931
Article Metrics
Abstract view : 104 timesPDF - 88 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Kamtini, Khofifah Apriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official