Peranan Orang Tua Terhadap Sosial Emosional Anak Usia Dini
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak serta peran orang tua dalam perkembangan sosial emosional anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ladang Tengah kecamatan Andam dewi kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal. Adapun teknik yang dilakukan yaitu observasi dan wawancara terhadap 20 orang tua di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ladang Tengah. Kemudian data di analisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua sangat berdampak terhadap sosial emosioanl anak, dimana orang tua mengajarkan anak untuk mengenal dan memahami emosi atau perasaan yang dirasakan oleh anak, mengajarkan anak untuk berempati terhadap orang lain, seperti membantu orang lain yang sedang kesusahan, serta memahami perasaan orang lain. Sehingga orang tua harus terlibat dalam aktivitas sehari-hari anak.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, S. (2022). Pengaruh Pekerjaan Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Islam Ummu Fathimah Kota Bengkulu. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 5(2), 208-218. doi : http://dx.doi.org/10.29300/alfitrah.v5i2.6326
Dachlan, A. M.,. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Yokyakarta: CV Budi Utama
Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta: Amzah.
Dewi, A. R. T. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Emosinal Anak. Jurnal Golden Age, 2(02), 66-74. doi : https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1024
Fakhrana, A. (2022). Faktor Dan Kondisi Yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial Emosional Aud Di Masa Covid 19. Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 6-13. doi: http://dx.doi.org/10.29406/jepaud.v10i1.3364
Fitriana, W. N. P., Kurniawati, H., & Muttaqien, M. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Story Reading terhadap Perilaku Sosial Anak. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2), 262-280. doi: https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.395
Hidayah, C. N. (2020). Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia Dini Melalui Kesenian. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 269-275. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.987
Khusniyah, N. L. (2018). Peran Orang Tua Sebagai Pembentuk Emosional Sosial Anak. Qawwam, 12(1), 87-101. doi: https://doi.org/10.20414/qawwam.v12i1.782
Kohariyah, L. L., & Prima, E. (2021). Nilai Sosial Emosional Anak Usia Dini pada Majalah SIBAMAS. Educreative: Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak, 6(2), 264-280.
Muali, C., & Fatmawati, S. (2022). Peran Orang Tua Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak; Analisis Faktor Dan Strategi Dalam Perspektif Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(2), 85-100. doi: https://doi.org/10.53802/fitrah.v3i2.135
Nandwijiwa, V., & Aulia, P. (2020). Studi Deskriptif Peran Orang Tua terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3145-3151.
Nurjannah, N. (2017). Mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini melalui keteladanan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 50-61. doi: https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-05.
Rustari, L., Fadillah, F., & Ali, M. (2019). Perkembangan Sosial Emosional anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Islamiyah Pontianak Tenggara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(9), doi : http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i9.35858
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. doi: https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683-696. doi: 10.31004/BASICEDU.V5I2.792
Tiel, J. M. V. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Gifted. Jakarta: Prenada Media Group
Tirtayani, L. A. (2014). Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Graha Ilmu
Wijayanto, A. (2020). Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 55-65. doi: 10.21831/diklus.v4i1.30263
DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i2.49974
Article Metrics
Abstract view : 109 timesPDF - 74 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Erma Yuliani Tanjung, Kamtini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official