Peranan Orang Tua Terhadap Sosial Emosional Anak Usia Dini

Erma Yuliani Tanjung, Kamtini Kamtini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak serta peran orang tua dalam perkembangan sosial emosional anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ladang Tengah kecamatan Andam dewi kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal. Adapun teknik yang dilakukan yaitu observasi dan wawancara terhadap 20 orang tua di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ladang Tengah. Kemudian data di analisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua sangat berdampak terhadap sosial emosioanl anak, dimana orang tua mengajarkan anak untuk mengenal dan memahami emosi atau perasaan yang dirasakan oleh anak, mengajarkan anak untuk berempati terhadap orang lain, seperti membantu orang lain yang sedang kesusahan, serta memahami perasaan orang lain. Sehingga orang tua harus terlibat dalam aktivitas sehari-hari anak.


Full Text:

PDF

References


Agustina, S. (2022). Pengaruh Pekerjaan Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Islam Ummu Fathimah Kota Bengkulu. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 5(2), 208-218. doi : http://dx.doi.org/10.29300/alfitrah.v5i2.6326

Dachlan, A. M.,. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Yokyakarta: CV Budi Utama

Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta: Amzah.

Dewi, A. R. T. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Emosinal Anak. Jurnal Golden Age, 2(02), 66-74. doi : https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1024

Fakhrana, A. (2022). Faktor Dan Kondisi Yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial Emosional Aud Di Masa Covid 19. Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 6-13. doi: http://dx.doi.org/10.29406/jepaud.v10i1.3364

Fitriana, W. N. P., Kurniawati, H., & Muttaqien, M. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Story Reading terhadap Perilaku Sosial Anak. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2), 262-280. doi: https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.395

Hidayah, C. N. (2020). Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia Dini Melalui Kesenian. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 269-275. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.987

Khusniyah, N. L. (2018). Peran Orang Tua Sebagai Pembentuk Emosional Sosial Anak. Qawwam, 12(1), 87-101. doi: https://doi.org/10.20414/qawwam.v12i1.782

Kohariyah, L. L., & Prima, E. (2021). Nilai Sosial Emosional Anak Usia Dini pada Majalah SIBAMAS. Educreative: Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak, 6(2), 264-280.

Muali, C., & Fatmawati, S. (2022). Peran Orang Tua Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak; Analisis Faktor Dan Strategi Dalam Perspektif Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(2), 85-100. doi: https://doi.org/10.53802/fitrah.v3i2.135

Nandwijiwa, V., & Aulia, P. (2020). Studi Deskriptif Peran Orang Tua terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3145-3151.

Nurjannah, N. (2017). Mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini melalui keteladanan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 50-61. doi: https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-05.

Rustari, L., Fadillah, F., & Ali, M. (2019). Perkembangan Sosial Emosional anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Islamiyah Pontianak Tenggara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(9), doi : http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i9.35858

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. doi: https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683-696. doi: 10.31004/BASICEDU.V5I2.792

Tiel, J. M. V. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Gifted. Jakarta: Prenada Media Group

Tirtayani, L. A. (2014). Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Graha Ilmu

Wijayanto, A. (2020). Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 55-65. doi: 10.21831/diklus.v4i1.30263




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i2.49974

Article Metrics

Abstract view : 112 times
PDF - 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Erma Yuliani Tanjung, Kamtini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official

slot gacor slot