HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MEMAAFKAN PADA MAHASISWA DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MEDAN AREA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendapatkan data empiris tentang hubungan kecerdasan emosional dengan kecenderungan memaafkan Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode skala yang terdiri dari skala kecerdasan emosional dan skala kecenderungan memaafkan. Penelitian ini dilakukan di Universitas Medan Area dengan jumlah populasi 432 mahasiswa dan jumlah sampelnya 108 mahasiswa, pengumpulan sampel menggunakan teknik random sampling. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan antara kecerdasan emosional dengan kecenderungan memaafkan. Dengan asumsi bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi kecenderungan memaafkan mahasiswa. Sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosional maka semakin rendah kecenderungan memaafkan. Berdasarkan analisis data, maka diperoleh hasil sebagai berikut: 1). Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kecenderungan memaafkan, dimana rxy= 0,536; p=0,000<0,010. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima. 2). Sumbangan efektif kecerdasan emosional terhadap kecenderungan memaafkan sebesar 28,7% dan faktor lain memberi pengaruh sebesar 71,3%. Faktor lainnya adalah respon pelaku, empati, kualitas hubungan, komitmen agama, merenung dan mengingat, dan faktor personal.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v7i14.5066
Article Metrics
Abstract view : 407 timesPDF - 21 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Nini Sri Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official