PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PELANGI BHAYANGKARA MEDAN

Dorlince Simatupang

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah ada pengaruh metode sosiodrama terhadap kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Medan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode sosiodrama terhadap kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Bhayangkara Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian post test only control design.. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan kelas B2.  Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 19 anak.

Intrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman observasi. Analisis data digunakan uji-t.

Berdasarkan hasil analisis observasi dilakukan pada penggunaan metode sosiodrama pada kelas ekperimen diperoleh 13,10 dengan nilai tertinggi 15 dan nilai terendah 11, nilai observasi rata-rata pada kelas kontrol 10,26 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 8, Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode sosiodrama berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan sosial anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung >   ttabel yaitu 2,787 > 1,684 pada taraf α = 0.05.

Berdasarkan penjelasan yang telah dipaparkan dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode sosiodrama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan sosial anak dibanding dengan kelas kontrol yang menggunakan metode demontrasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v7i14.5090

Article Metrics

Abstract view : 119 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Dorlince Simatupang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official