PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK KELOMPOK B DI TK AISIYAH BLANGKEJEREN

Sudirman Dr, Yeni Paramita

Abstract


Masalah dalam penelitian ini (1) Minat belajar anak masih rendah dalam proses belajar mengajar. (2) Metode yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar belum bervariasi (3)Kurangnya penggunaan media gambar saat proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap minat belajar anak di TK Aisyiyah Blangkejeren.   Teori yang digunakan menurut Sudjana, dkk (2011: 262) media gambar adalah media yang mengombinasikan fakta dan gagasan secara jelas dan kuat melalui kombinasi pengungkapan kata-kata dan gambar-gambar. Menurut Walgito (2010) yang menyatakan bahwa “minat sesuatu keadaan dimana seseorang mempunyai perhatian terhadap suatu objek dan disertai dengan keinginan untuk mengetahui dan mempelajari dan akhirnya membuktikan lebih lanjut tentang objek tertentu”. Jenis penelitian ini eksperimen. Sampel dalam penelitian B1 20 orang sebagai kelas eksperimen dan B2 20 orang sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi. Sebelum pengujian hipotesis (uji-t) terlebih dahulu diuji normalitas menggunakan Liliefors, dan homogenitas menggunakan uji F.Dari analisa data observasi akhir minat belajar anak dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α = 0,05  berturut-turut diperoleh thitung ≥ ttabel 29,09 ≥ 1,69 dengan dk = (n1 + n2 – 2) dan ttabel diperoleh dari hasil interpolasi. Maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media gambar terhadap minat belajar anak di TK Aisyiyah Blangkejeren.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v7i14.5091

Article Metrics

Abstract view : 203 times
PDF - 494 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Sudirman Dr, Yeni Paramita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official