Hubungan Antara Persepsi Terhadap Atribut Produk Dengan Keputusan Pembelian Kartu Flexi Trendy Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Medan Area
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap atribut produk dengan keputusan pembelian kartu flexi trendy pada mahasiswa psikologi UMA. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area Stambuk 2005-2006 yang berjumlah 300 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan angket, dengan analisis data penelitian ini dengan menggunakan Korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian ini dibentuk oleh persepsi konsumen terhadap atribut produk sebesar 38,8%, maka dapat dinyatakan bahwa masih terdapat 61.2% pengaruh dari faktor lain terhadap keputusan pembelian dan faktor lain tersebut dalam penelitian ini tidak diteliti, diantaranya keadaan sosial, pengaruh kelompok, faktor pekerjaan, faktor ekonomi, motivasi, kepercayaan dan sikap terhadap produk. Persepsi terhadap atribut produk Flexi Trendy para mahasiswa tergolong positif, dimana selisih antara nilai rata-rata empirik (113,266) dengan nilai rata-rata hipotetik (97,5) tidak melebihi bilangan satu SD atau SB. Demikian juga halnya dengan keputusan pembelian yang tergolong tinggi, sebab selisih antara nilai rata-rata empirik (97.566) dengan nilai rata-rata hipotetik (80) tidak melebihi bilangan satu SD atau satu SB. Berdasarkan hasil analisis data bahwa terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara persepsi terhadap atribut produk dengan keputusan pembelian dimana rxy = 0,623 ; p < 0,010. Artinya semakin positif persepsi individu terhadap atribut produk, maka semakin tinggi keputusan pembelian. Sebaliknya semakin negatif persepsi individu terhadap atribut produk, maka keputusan pembelian juga akan semakin rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v7i14.5092
Article Metrics
Abstract view : 189 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Zuhdi Budiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official