Analisis Standar Laboratorium Fisika dalam Meningkatkan Hasil Praktikum Siswa di SMAN 1 Banyuwangi

Azzurrel Lady Arafah, Dinda Tri Ariyani, Seka Arum Ferlita, Ainun Fitriya Nurhasanah, Probo Anggara, Dea Ananda Yulia Agustin, Lailatul Nuraini, Alex Harijanto

Abstract


Pembelajaran fisika merupakan pembelajaran yang dapat dilakukan secara teori dan secara praktik. Pembelajaran secara praktik dapat dilakukan di laboratorium fisika yang sesuai dengan ketentuan standar yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan standar laboratorium fisika dalam praktikum siswa di SMAN 1 Banyuwangi dan dampaknya terhadap hasil praktikum SMAN 1 Banyuwangi. Dengan metode pengumpulan data yaitu  observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait kurikulum. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa implementasi standar laboratorium yang tepat dan konsisten dapat meningkatkan pemahaman siswa , keterampilan praktis dan hasil praktikum mereka . Karena terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil pembelajaran berbasis praktikum di laboratorium fisika yaitu  seperti peralatan / sarana dan prasarana yang memadai, panduan praktikum yang jelas, dan pengawasan yang baik dari guru berperan penting dalam kesuksesan praktikum fisika. Penelitian ini dapat memberikan rekomendasi untuk menciptakan peningkatan kualitas praktikum fisika serta dapat berkontribusi kepada masa depan peserta didik dalam jangka panjang di SMAN 1 Banyuwangi dan sekolah-sekolah lainnya.


Full Text:

PDF

References


Anggereni, S.A., Suhardiman, S.S., & Amaliah, R. (2021). Analisis Ketersediaan Peralatan, Bahan Ajar, Administrasi Laboratorium, Keterlaksanaan Kegiatan Praktikum di Laboratorium Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika,5(3),414-423.doi: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3925

Dewi, D.A., Sastrawidana, D.K., & Wiratini, N.M. (2019). Analisis pengelolaan alat dan bahan praktikum pada laboratorium kimia di sma negeri 1 tampaksiring. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha,3(1),37-42 doi: https://doi.org/10.23887/jjpk.v3i1.21162

Ekosari, L. Q., Prihandono, T., & Lesmono, A. D. (2018). Analisis efektivitas laboratorium fisika dalam pembelajaran fisika SMA dan kesesuaiannya dengan kurikulum 2013. FKIP e-PROCEEDING, 3(1), 173-177.

Ernawati, T., & Susanti, S. (2022). Skill manajemen laboratorium: sebuah perspektif bagi mahasiswa pendidikan ipa. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2022.LP2M UST Jogja.

Hayati, A., & Sumarsih, S. (2020). Evaluasi Standar Sarana Dan Prasarana Laboratorium Ipa Di Sekolah Model Sma Negeri 7 Bengkulu Selatan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 14 (2), 60–67. doi: https://doi.org/10.33369/mapen.v14i2.12827

Karlina, D. P. (2022). Analisis Profil Manajemen Dan Penggunaan Laboratorium Dalam Pembelajaran Kimia Di Sma Wilayah Kabupaten Bandung. Tlutuh Sawo Jurnal Ilmu Pendidik. Dan Humaniora,6(3), 55-62.

Kuncoro, A.P., Kusuma, B.A., & Purnomo, A.C. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website Sebagai Media Pengelolaan Peminjaman dan Pengembalian Alat Laboratorium Fikes UMP. SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, 4(2), 24-30.doi: https://doi.org/10.33372/stn.v4i2.396

Kusyanti, R.N. (2022). Analisis Standarisasi Laboratorium Fisika dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Tempel. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 40-47. doi: https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.404

Murdani, E. (2020). Hakikat Fisika dan keterampilan proses Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 72-80. doi: https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.22195

Nurhadi, A. (2018). Manajemen laboratorium dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 1-12. doi: https://doi.org/10.32678/TARBAWI.V4I01.1225

Rahmawati, Y.H., Roesminingsih, E., Hariyati, N., Pendidikan, M., & Surabaya, N. (2022). Analisis pengelolaan administrasi keuangan sekolah (studi kasus pada smp lab unesa). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 38-49. doi: https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.661

Ramadani, E. M., dan N. Nana. (2020). Penerapan problem based learning berbantuan virtual lab phet pada pembelajaran fisika guna meningkatkan pemahaman konsep siswa sma: Literature review. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(1), 19-30. Di unduh di http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/15961

Setiawan, S., Prasetyo, C.P., & Safa’udin, M. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Komputer Berbasis Web. Jurnal Tecnoscienza, 5(2), 197-212. doi: https://doi.org/10.51158/TECNOSCIENZA.V5I2.408

Sulistiyono, S., Mundilarto, M., & Kuswanto, H. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Kerja Laboratorium Fisika untuk Mengukur Sikap dan Tanggung Jawab Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 43-49. Di unduh di https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31620

Silvia, S., & Aryanti, F.I. (2022). Analisis Penerapan Manajemen Laboratorium Prodi Teknik Kimia Polimer Politeknik STMI Jakarta. Jurnal Teknologi dan Manajemen, 20(2), 103-108. doi: https://doi.org/10.52330/jtm.v20i2.55




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i2.52667

Article Metrics

Abstract view : 140 times
PDF - 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Azzurrel Lady Arafah, Dinda Tri Ariyani, Seka Arum Ferlita, Ainun Fitriya Nurhasanah, Probo Anggara, Dea Ananda Yulia Agustin, Lailatul Nuraini, Alex Harijanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official