Metode Suku Kata sebagai Strategi Eskalasi Kemampuan Membaca Permulaan Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, P. M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. In Aswaja Pressindo.
Aulina, C. N. (2012). Pengaruh permainan dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 131-144. Doi: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.36
Baso, S. A. A., Efendi, E., & Barasandji, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode SAS di Kelas II SDN Pinotu. Jurnal Kreatif Tadaluko Online, 2(1). Di unduh di : http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2985/2060
Dewi, Y. T., Ardyaputri, S. R., Suyono, S., & Anggraini, A. E. (2022). Penerapan Metode Suku Kata Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa SD Sunan Giri Ngebruk. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 780-785. Doi : https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2428
Djamilatun, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Metode Suku Kata Berbantuan Kartu Bergambar pada Siswa Kelas I SD Negeri Becirongengor Wonoayu Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 620-625. Di unduh di : https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/994
Halimah, A. (2014). Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di SD/MI. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 190-200. Di unduh di: https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/550
Huda, M. (2017). Kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa. Jurnal penelitian, 11(2), 237-266.
Handriani, D. J. (2019). Proses Adaptasi Ikatan Mahasiswa Fakfak Di Kota Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. EduMa: Mathematics education learning and teaching, 3(1), 52-62. Doi : 10.24235/eduma.v3i1.8
Muhyidin, A., Rosidin, O., & Salpariansi, E. (2018). Metode pembelajaran membaca dan menulis permulaan di kelas awal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 30-42. Doi: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2464
Mustikawati, R. (2015). Upaya peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan metode suku kata (Syllabic method) pada siswa kelas I SD Negeri Nayu Barat III Banjarsari Surakarta tahun 2014/2015. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 2(1), 41-56. Di unduh di : https://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/457
Pangesti, O. (2021). Penerapan Pembelajaran Membaca Permulaan Secara Daring di TK Kebonromo. Pendidikan Guru PAUD S-1, 10(1), 69-75. Doi: http://101.203.168.44/index.php/pgpaud/article/view/17405
Pertiwi, A. D. (2016). Study deskriptif proses membaca permulaan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759-764. Doi: https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372
Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam membaca permulaan di kelas satu sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69-76. Doi: 10.17977/UM009V26I12017P069
Prawiyogi, A. G., Sa'diah, T. L., Safarandes, A., & Nurjanah, Q. (2022). Pengaruh Metode Suku Kata terhadap Keterampilan Membaca Permulaan. Jurnal Basicedu, 6(5), 9223-9229. Doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.1437
Rismawati, R., Andari, K. D. W., & Kartini, K. (2020). Perbandingan Kemampuan Membaca Permulaan Antara Metode Suku Kata Dengan Metode Eja Berbantuan Media Kartu Kata. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 41-46. Doi: https://doi.org/10.24903/pm.v5i1.460
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing.
Sutrisna, A. A. S. (2013). Meningkatkan kemampuan membaca kata melalui metode suku kata bagi anak kesulitan belajar kelas I di SDN 03 Bandar Buat Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(3). 362 -371. Di unduh di : https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/2078
Yuliana, R. (2017). Pembelajaran membaca permulaan dalam tinjauan teori artikulasi penyerta. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 1(2). 343-350. Di unduh di: https://pustaka.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/343-350
DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v10i1.56233
Article Metrics
Abstract view : 87 timesPDF - 34 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Aida Marisa, Rika Restela
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official