Evaluasi Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di SD Dwikora Medan

Iswatun Hasanah, Evi Junita, Heni Angraini, Herlin Aryani Sibarani, Irma Nurmalita Nababan, Nurhudayah Manjani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan evaluasi pembelajaran Kurikulum Merdeka di Yayasan Pendidikan Islam Dwikora Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan fokus pada proses pelaksanaan evaluasi pembelajaran oleh para guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran Kurikulum Merdeka, para guru menggunakan pendekatan yang beragam dan menerapkan metode evaluasi yang sesuai dengan karakteristik siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran Kurikulum Merdeka di Yayasan Pendidikan Islam Dwikora Medan telah dilakukan secara beragam dan sesuai dengan kebutuhan siswa, namun masih memerlukan perbaikan dalam beberapa aspek untuk meningkatkan efektivitasnya. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami implementasi Kurikulum Merdeka di lingkungan pendidikan Islam dan memberikan dasar untuk perbaikan dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran guna meningkatkan kualitas pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Dwikora Medan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pihak terkait dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di institusi pendidikan yang bersangkutan.


Keywords


Analisis Penerapan; Evaluasi Pembelajaran; Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Aini, Q., M, N., & Basith, A. (2024). Teknik dan Bentuk Evaluasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka.Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1): 69–74 DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23989

Anizar, A., & Sardin. S. (2023). Evaluasi Pada Kurikulum Merdeka.Majalengka: Edupedia Publisher.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2005). Peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Faisal, dkk. (2023). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Medan: CV Harapan Cerdas.

Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Lubis, W., Arifin, S., Syahrial, Nurhudayah, M. (2024). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Strategi dan Implementasi. Medan: Universitas Negeri Medan.

Marzuki, M. (2023). Analisis Penilaian Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4): 2771–2780 DOI:https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22252

Masrukhin. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kemampuan Evaluasi Dalam Pembelajaran. Seminar Nasional Pengembangan Pendidik. Semarang: UNNES

Mursyid, A., Ahmad, CF, Dewi, AK, & Tianti, AY (2023). Penerapan kurikulum merdeka dalam rencana pelaksanaan pembelajaran di Purwakarta. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 5 (1): 173-187. DOI: https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.566

Mutoharoh, C. (2020). Analisis Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013 DiSD Negeri Candimulyo 1 Magelang Tahun Ajaran 2019/2020. Thesis, UNNES.

Nurgiyantoro, B. (2011). Model Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Litera, 10(2), 114-125.

Puskurjar. (2022). Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Puskurjar, BSKAP, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rosidah, CT, Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis kesiapan guru mengimplementasikan asesmen autentik dalam kurikulum merdeka belajar. Jurnal Pendidikan Dasar , 12 (01): 87-103. DOI:https://doi.org/10.21009/jpd.v12i01.21159

Rosmana, P. S., Ruswan, A., Putri, A. R., Novitasari, D., Hami, N. B., Salsabhila, U., & Laila, W. N. (2024). Implementasi Perencanaan Pembelajaran dalam Kacamata Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1): 3031-3039. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12838

Sa'adah, ENL, & Sigit, D. (2018). Pengembangan instrumen penilaian sikap dan keterampilan psikomotorik pada materi elektrokimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan , 3 (8): 1023-1026. https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11405/5413

Sidiq, U., Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v10i1.57685

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Iswatun Hasanah, Evi Junita, Heni Angraini, Herlin Aryani Sibarani, Irma Nurmalita Nababan, Nurhudayah Manjani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official