Ice Breaking sebagai Stimulus Minat dan Motivasi Belajar Peserta Didik
Abstract
Guru dapat menggunakan ice breaking untuk menjaga semangat belajar peserta didik selama pembelajaran di kelas dan membantu mengatasi kebosanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penggunaan ice breaking untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II dan kelas III, sedangkan objek penelitiannya ada guru kelas II dan kelas III. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara dengan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ice breaking di SD Negeri 050628 Tanjung Langkat memberikan dampak positif terhadap pemulihan kondisi dan lingkungan kelas yang kondusif memungkinkan peserta didik untuk fokus menyimak materi yang disampaikan oleh guru. Meskipun ice breaking yang digunakan hanya melakukan gerakan fisik ringan seperti bersorak, bertepuk tangan, dan bernyanyi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, A., Rastiya, A., Sabaniah, S., & Wardhana, K. E. (2023). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Kegiatan Ice Breaking Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Iman Samarinda. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(2), 71-81. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/7242
Algivari, A., & Mustika, D. (2022). Teknik Ice Breaking pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 433-439. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/53917
Aniuranti, A., Tsani, M. H. N., & Wulandari, Y. (2021). Pelatihan penyusunan Ice Breaking untuk penguatan kompetensi calon guru. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 85-93. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/ab/article/view/3578
Asari, S., Pratiwi, S. D., Ariza, T. F., Indapratiwi, H., Putriningtyas, C. A., Vebriyanti, F., ... & Rahim, A. R. (2021). Paikem (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan). DedikasiMU: Journal of Community Service, 3(4), 1139-1148. https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/3249
Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se-kota Stabat. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 1(2), 109-116. https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/biolokus/article/view/351/0
Dasar, S. (2021). Jurnal Basicedu. 5(1), 88–101. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/2298/pdf
Fajarudin, A. A., & Samsudi, A. (2021). Teknik ice breaking sebagai penunjang semangat dan konsentrasi siswa kelas 1 MI Nurul Islam Jatirejo. Idarotuna: Journal of Administrative Science, 2(2), 147-176. https://ejournal.akts.ac.id/index.php/idarotuna/article/view/21
Febriandari, E. I. (2018). Pengaruh kreativitas guru dalam menerapkan ice breaking dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 485-494. https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/253
Isnaini, B. B. S. (2019). Penerapan Icebreaking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sosiologi Di X IIS 3 SMAN 1 Pundong. E-Societas, 8(5). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/societas/article/view/15727
Jalilah, S. R. (2021). Implementasi dan Manfaat Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5946–5952. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2298
Muharrir, M. (2022). Penggunaan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pinrang (Doctoral dissertation, IAIN Parepare). https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah/article/view/3318
Mursyidawati, E. (2018). Implementasi Ice breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Lembaga Boarding School SMP IT IHSANUL FIKRI Mungkid Magelang (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia). https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6012
Sa’diyah, K., & Suhaimy, F. (2023). Pengaruh Penggunaan Ice Breaking Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Studi Survei di SMK Negeri 7 Jakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3). https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/5752
Selvia, M. (2022). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tema 8 Sub Tema 2 Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 10(2), 122-132. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1119
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/206060/metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-r-d
Suzana, Y., & Jayanto, I. (2021). Belajar & Pembelajaran. Batu: Literasi Nusantara. https://g.co/kgs/M4mzuqw
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/142
DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v10i1.57785
Article Metrics
Abstract view : 125 timesPDF - 90 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Riti Humaya, Novi Olivia Bangun, Putri Asmarani Dewi, Syahrial Syahrial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official